• Mei 11 2020

UKM PENELITIAN UNY SELENGGARAKAN SEMINAR PROPOSAL RESEARCH COMPETITION

UKM Penelitian UNY kembali menyelenggarakan Research Competition #7. Kegiatan ini diawali dengan Seminar Proposal secara online melalui aplikasi ZOOM pada Jumat (08/05).

Research Competition merupakan salah satu program kerja UKM Penelitian dibawah naungan bidang 2 penelitian yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014 hingga saat ini. Kegiatan ini merupakan wadah dalam membantu mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan penelitian secara inovatif dan kreatif dalam bentuk danah hibah pada  pembinaan dari proposal yang diajukan. Kegiatan ini dilakukan atas dasar sebagai bentuk fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa dalam penelitian melalui kegiatan UKM Penelitian. Tujuan dari kegiatan ini adalah menemukan solusi dalam permasalahan yang terjadi di Indonesia,  sebagai wadah dalam melatih mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan di bidang penelitian secara inovatif dan kreatif, dan mengasah kemampuan berpikir dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengimplimentasikan ilmu pengetahuan dan kompetensi masing-masing. Sasaran dari pelaksanaan Research Competition adalah anggota, pengurus, dan mahasiswa UNY. Adapun yang membedakan Research Competition dengan jenis lomba karya tulisa lainnya adalah pada Research Competition 5 finalis akan menerima dana hibah yang juga serupa PKM 5 Bidang namun hanya focus pada satu bidang yakni bidang penelitian, namun terdiri dari 3 subtema yakni sains, tenologi dan soshum. Selain itu, diakhir kegiatan akan dilakukan pengumuman juara dari hasil terbaik dari Juara 1, 2, dan 3.

Tema Research Competiton yang diangkat pada tahun ini adalah “Aktualisasi Peran Dan Inovasi Sebagai Agent Of Change Dalam Mengahdapi COVID-19” . Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan april hingga September 2020 yang terdiri dari pendafataran karya, seminar proposal, pelaksanaan penelitian selama 3 bulan, dan seminar hasil dan pengumuman juara. Pada saat Telah ditetapkan 5 finalis dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang. Seminar proposal dari masing-masing tim telah dilaksanakan secara online dengan aplikasi ZOOM. Sehingga beberapa minggu kedapan mulai bulan Juni hingga Agustus peserta dapat melakukan penelitian, namun tetap mengikuti peraturan yang berlaku berdasarkan keputusan Surat Edaran nantinya.

Capaian yang diharapkan dari kegiatan ini adalah mampu menciptakan hasil penelitian dari ide maupun gagasan yang kreatif, inovatif dan memiliki kualitas tinggi dalam menghadapi COVID-19. Selain itu, juga mampu menciptakan mahasiswa yang memiliki intelektual tinggi dan berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi disekitar. Hal tersebut ditegaskan oleh Kristina, selaku Ketua Umum UKM Penelitian UNY, “berbekal disiplin ilmu masing-masing, mari kita wujudkan sumbangsih kita terhadap masyarakat, pemerintah, dan lingkungan kita untuk memutus persebaran COVID-19”. Lebih jauhnya, para peneliti muda ini diharapkan untuk tanggap dan menuangkan kreativitasnya melalui serangkaian Research Competition. “Jika dulu pahlawan kita berjuang melawan penjajah dengan mengangkat senjata, saat ini mari kita berjuang melawan pandemi dengan mengangkat ide dan kreativitas kita,” pungkasnya.

 

(Asmi)

Berita Lainnya

Testing blog

artikel ini merupakan artikl untuk ujicoba dari fitur post untuk…

Read More
Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange