UKM Penelitian UNY JUARA II DALAM LKTIN REALITY WRITING COMPETITION (RWRC) 2015

Tim Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian UNY kembali menorehkan prestasinya dalam event berskala nasional yaitu dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Reality Writing Competition (RWrC) 2015 yang diselengarakan oleh UKMF Penelitian REALITY Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam event tahunan yang mengangkat tema “Peran Generasi Muda Indonesia dalam Mengoptimalkan Bonus Demografi Tahun 2020” ini, delegasi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi gemilang, yakni memperoleh juara ke-2 dari 10 besar tim delegasi dari penjuru Indonesia lainnya.

Tim yang gawangi oleh 3 orang dan 1 dosen pembimbing, yakni Adi Suseno (Pendidikan Luar Biasa 2012) sebagai ketua, Sayidatul Maslahah (Pendidikan Luar Biasa 2014), dan Vella Liani (Biologi 2013) dengan dosen pembimbing Aini Mahabbati, S.Pd. M.A. yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Dalam kesempatan kali ini, delegasi UNY ini mempersembahkan karyanya yang berjudul “Medudi (Media 2 Dimensi) sebagai Media Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Siswa Tunanetra dalam Upaya Mempersiapkan Bonus Demografi Tahun 2020—2030”.Media 2 dimensi dimodifikasi dengan papan magnetik dan kata-kata yang bisa disusun sesuai tema pelajaran dengan pendampingan guru, sehingga siswa dapat belajar susunan huruf dan pengucapan yang benar. Bukan suatu perjuangan yang mudah bagi tim untuk berhasil meraih juara tersebut, dimulai dari proses penyusunan proposal, pembuatan media, uji materi dan validasi media ke dosen ahli hingga saat presentasi yang semuanya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit.

Pasalnya tim yan diketuai oleh Adi Suseno itu sempat ragu dan pesimis di awal karena lawan yang berasal dari Universitas Pendidikan Ganesha merupakan juara I tahun sebelumnya pada kompetisi ini, namun tidak menjadi hambatan bagi tim untuk memberikan hasil yang terbaik bagi almamater. Dalam hal ini, tim mengaku kejuaraan ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena lawan-lawan yang hadir dalam kompetisi ini sangatlah berat yakni Universitas Indonesia, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Namun berkat kerja keras, kerja sama tim, dan dukungan dari pihak-pihak terkait, delegasi UNY mampu menyabet juara ke-2 dalam perlombaan kali ini. (Vella)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *