• Agustus 6 2016

UKM Penelitian Sabet Juara 3 dalam National Equilibrium Conference di Bali

UKM Penelitian Sabet Juara 3 dalam National Equilibrium Conference di Bali

Hasya dan tim dalam ajang National Equilibrium Conference

Tata ruang kota saat ini menjadi isu yang klasik diperbincangkan di kalangan masyarakat kota Yogyakarta. Permasalahan tersebut di satu sisi telah menyumbang peningkatan investasi daerah akan tetapi di sisi lain dinilai telah menambah kerusakan lingkungan serta permasalahan sosial. Sebagai bentuk dari kepedulian dari permasalahan ekonomi dan lingkungan, mahasiswa UNY yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian UNY dengan ketua Hasyyati Marini (Pendidikan Geografi 2014) yang beranggotakan Siti Nur Kholifah (Pendidikan IPS 2014) dan Nurokhmah (Pendidikan IPS 2015) telah mengembangkan sebuah gagasan tertulis yang berjudul Jogja Slow City: Penerapan Konsep 3E (Environment, Economy, and Equity) dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan. Jogja Slow City merupakan konsep tata ruang kota Yogyakarta yang mengedepankan lokalitas dengan program utama yang diadaptasi dari tujuan pembangunan berkelanjutan. Program Jogja Slow City terdiri dari program Pengolahan dan pelestarian makanan khas daerah (Good Food), Program Ramah Lingkungan (Good Environment), dan Pemberdayaan Bisnis Lokal Berbasis Masyarakat (Good Community). Tujuan dari program Jogja Slow City yakni Quality of Life dari masyarakat kota yang saat ini sudah terkontaminasi dengan modernisasi.

Gagasan yang dituangkan ke dalam karya tulis ilmiah ini berhasil meraih juara 3 dalam ajang Equilibrium Science Fair bidang lomba National Equilibrium Conference. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali yang berlangsung pada tanggal 31 juli – 3 Agustus 2016.

UKM Penelitian Sabet Juara 3 dalam National Equilibrium Conference di Bali

Hasya dan tim bersama seluruh Peserta National Equilibrium Conference

National Equlibrium Conference merupakan salah satu acara dari rangkaian Equilibrium Science Fair 2016. Tema besar dalam rangkaian Equilibrium Science Fair 2016 ini adalah “Revamping Economist’s Character Trough Mental Revolution”. NEC (National Equilibrium Conference) merupakan konferensi mahasiswa tingkat nasional yang merupakan upaya untuk mewadahi aspirasi dan pemikiran mahasiswa terkait dengan adanya gerakan revolusi mental dan pengaruhnya terhadap perubahan berbagai aspek terutama pada karakter ekonom Indonesia. Acara ini terdiri dari tahap presentasi karya tulis dan tahap konferensi.

Acara ini diikuti oleh finalis dari berbagai universitas di Indonesia yakni Universitas Sumatera Utara, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Brawijaya, Universitas Udayana, dan Universitas Muslim Indonesia.

[Hasyyati]

Berita Lainnya

Testing blog

artikel ini merupakan artikl untuk ujicoba dari fitur post untuk…

Read More
Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange