• Mei 8 2020

Peran PMI dalam Menangani Covid 19

Palang Merah Indonesia atau PMI adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan. PMI punya tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, yakni kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.Gerakan tersebut menjadi landasan dari Organisasi PMI dalam mengayomi masyaraka. PMI bukanlah organisasi di bawah naungan Pemerintah, PMI adalah Oeganisasi yang Independen dmana mereka bekerja membantu masyarakat dan menjalankan prinsionya dengan sukareka tanpa ada iming-iming imbalan sedikitpun. PMI menjalankan tujuh orinsip tersebut atas dasar kemanusiaan, membantu sesama mengabdikan diri untuk masyarakat dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

PMI resmi dibentuk pada 17 September 1945 yang dipelopori Dr. R. C. L. Senduk dan Dr. Bahder Djohan. Ditenggan Pandemi Covid-19 PMI memfokuskan 2 hal dalam mengurangi penyebaran Covid -19, yaitu Edukasi dan Komunikasi Resiko. Para relawan PMI bergerak di setiap desan-desa untuk memberikan edukasi kepeda masyarakat awam tentang Covid-19. Edukasi tetsebut bertujuan memberikan pemahamam kepada masyarakat di pedesaan yang minim akan informmasi, agar siap siaga dalam menangani pandemi covid-19 di Indonesia. Sekertaris Jendral Palang Merah Indonesia atau PMI Sudirman Said dalam diskusi SmartFM, Sabtu (18/4/2020). Menyebutkan bahwa ada 500 cabang PMI di seluruh indonesia yang dikerahkan untuk membetikan edukasi dan juga membagikan masker serta handsanitizer gratis kepada masyarakat, untuk membantu menekan penyebaran covid-19.

Semua usaha yang dilakukan PMI tidak mengharapkan upah, mereka bekerja dan mengaumi masyarakat sebagai bentuk pemberdayaan manusia dan pedulo terhadap lingkungan sosial. Karena jasa dari PMI tersebut banyak kalangan masyarakat yang menyanjung tinggi organisasi kemanusiaan PMI, sebagai organisasi yang mengayomi masyarakat membantu masyarakat dan mengabdikan diri untuk masyarakat secara sukarela baik di tengaj pandemi Covid-19 maupun tidak. Hari ini 8 Mei 2020 adalah hari lahir PMI sedunia, hari lahir organisasi kemanusiaan yang menjung tinggi nilai kemanusiaan dan pesuli terhadap sosial, semoga PMI di Indonesia tetap menjadi organisasi yang menyatu dengan masyarakat, Selamat Hari PMI sedunia.

Berita Lainnya

Testing blog

artikel ini merupakan artikl untuk ujicoba dari fitur post untuk…

Read More
Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange