• September 7 2013

PENERIMAAN ANGGOTA BARU UKM PENELITIAN


PENERIMAAN ANGGOTA BARU

UKM PENELITIAN 2013

Dalam rangka menyambut mahasiswa baru 2013 dan tahun ajaran 2013/2014, Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuka Penerimaan Anggota Baru (PAB) XXI untuk seluruh mahasiswa di UNY. Kegiatan tersebut merupakan program kerja subbidang Human Resources Department (HRD) yang dilaksanakan sejak dibentuk tahun 1993. PAB XXI UKMP mulai dibuka sejak bulan Juli hingga September 2013.

pab1

PAB XXI UKMP dilaksanakan dengan tujuan untuk melanjutkan generasi UKM Penelitian setiap tahunnya. Ditujukan kepada mahasiswa baru 2013 dan seluruh mahasiswa di UNY. Dengan tema “Bersatu Wujudkan Cita dengan Karya Nyata Bersama UKM Penelitian” diharapkan dalam PAB tahun ini dapat menghasilkan kader UKMP yangmenyumbangkan banyak prestasi untuk UNY.

“Semoga PAB tahun ini dapat menghasilkan Anggota Baru UKMP yang semakin produktif dan menjuarai perlombaan-perlombaan tingkat nasional maupun internasional”, Ujar Rizki Junianto, Ketua PAB 2013.

Ada beberapa alur yang harus dilalui mahasiswa untuk bergabung dengan UKM Penelitian. Alur PAB tersebut yakni, StadiumGeneral, ResearchTeam, Ujian Tulis, Seminar Proposal dan Pengumuman. Kemudian dilanjutkan dengan malam keakraban anggota baru UKMP 2013.

Stadium General merupakan kegiatan awal yang dilaksanakan UKM Penelitian dalam menyambut anggota baru pada 22 September 2013. Mahasiswa yang mendaftar UKMP 2013 akan diperkenalkan lebih jauh tentang UKM Penelitian UNY, mulai dari kegiatan, prestasi sampai mahasiswa yang mengharumkan nama UKMP.

Kemudian dilanjutkan dengan Research team, untuk menambah wawasan calon anggota tentang penelitian. Calon anggota UKMP akan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendapatkan bimbingan tentang karya tulis ilmiah dari tentor. Selama satu bulan (September-Oktober), diharapkan setiap kelompoknya dapat menghasilkan satu karya tulis.

Dalam alur PAB XXI UKMP juga diadakan Ujian Tulis yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2013. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan calon anggota UKMP tentang penelitian dan karya tulis Ilmiah.

Seminar Proposal menjadi kegiatan pamungkas dalam alur PAB XXI UKMP sebelum pengumuman Anggota Baru. Calon Anggota UKMP akan belajar tentang presentasi di depan dewan juri, layaknya dalam Pekan Ilmiah MahasiswaNasional (PIMNAS) yang menjadi ajang bergengsi mahasiswa. Karya tulis yang dihasilkan dalam Research Team akan dipresentasikan dalam seminar proposal tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan pada 28 Oktober 2013.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan tahap seleksi dalam PAB XXI UKMP, untuk mengetahui kelayakan calon anggota menjadi bagian dari UKM Penelitian. Setelah melalui beberapa alur PAB tersebut, pada 1 November 2013 akan diumumkan Anggota Baru UKM Penelitian.

Calon Anggota yang dinyatakan diterima menjadi Anggota Baru UKMP 2013 diwajibkan mengikuti kegiatan malam keakraban. Kegiatan tersebut sebagai sarana untuk saling mengenal antar anggota dan pengurus UKMP 2013. (AST)

 

Berita Lainnya

Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange