• Mei 1 2017

PELATIHAN SPSS

SPSS itu apa sih ? Penasaran apa itu SPSS ? SPSS itu ngapain aja ? Check it out !!!
SPSS atau Statistical Product and Service Solutions adalah program aplikasi computer untuk menganalisis data statistik. UKM Penelitian UNY memfasilitasi pengadaan pelatihan SPSS untuk mahasiswa dan masyarakat umum. Pelatihan SPSS yang dilaksanakan di Student Center lantai 3 ini berlansung lancar dan diikuti oleh peserta yang antusias datang. Acara yang diselenggarakan Sabtu, 29 April 2017 dimulai pukul 07.00 WIB ini, diikuti oleh banyak mahasiswa yang ada di Jogja tak terkecuali beberapa pengurus UKM Penelitian UNY sangat antusias mengikuti kegiatan ini.
Pelatihan SPSS ini betujuan untuk memudahkan dalam proses dalam penyusunan skripsi dan memudahkan dalam pengolahan data. Bapak Ali Muson, Dosen dari Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi membimbing para peserta Pelatihan SPSS dengan sangat detail sehingga materi yang disampaikan langsung bias diterapkan oleh peserta. Tidak hanya Bapak Ali saja yang menyampaikan materi, tetapi juga dibantu oleh kakak-kakak pengurus UKM Penelitian. Materi yang disampaikan mulai dari distribusi frekuensi, independent t-test, paired t-test, One Way ANOVA dan lain sebagainya dikupas tuntas oleh Bapak Ali ini. Beberapa materi dalam bidang statistik ini dibahas secara lengkap dan runtut agar para peserta paham dengan mudah dalam pelatihan ini.
“Ternyata statistik tidak melulu hanya mengenai nilai rata-rata, modus dan median. Ternyata masih banyak ilmu yang dapat saya dapatkan dari bidang ilmu statistik ini. Terimaksaih UKM Penelitian telah memfasilitasi dan membantu kami” ucap salah satu peserta dari Pelatihan SPSS ini. Penyampaian yang lugas dan ringan membuat para peserta cepat paham dan mengikuti alur pelatihannya dengan lancar. Sehingga kebermanfatan acara ini dapat dirasakan oleh peserta pelatihan SPSS ini.
Pesan dari Bapak Ali pada saat akhir Pelatihan SPSS pada pagi hari ini yaitu pada saat melakukan penelitian dengan menggunakan analisis data, datanya harus selalu dipantau agar tidak ada data yang menimpang yang dapat membuat data yang lain menjadi terganggu serta dalam melaporkan hasil penelitian harus sesuai dengan apa yang ada, walaupun tidak sesuai dengan hipotesis tidak akan mengurangi kualitas dari penelitian tersebut.
Tetap jaga semangat untuk semuanya. Karena belajar itu tidak mengenal usia dan tidak mengenal waktu. Mari berkarya. Kreativitas Tanpa Batas.

[Alifta/Awan]

Berita Lainnya

Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange