• Agustus 23 2019

MENCURI PERHATIAN LEBIH DARI 6000 PASANG MATA DENGAN MUSIKALISASI DRAMA DAN ORASI

(gambar1.suasana display ukmp di GOR)

(gambar2.para pemeran display ukmp)

 

 

 

 

 

 

 

Perhelatan akbar PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2019 sedang dilaksanakan. Terhitung sejak Selasa, 20 Agustus telah dilaksanakan PKKMB tingkat universitas selama dua hari bertempat di GOR UNY. Kemudian pada hari berikutnya, yaitu pada tanggal 22 dan 23 Agustus PKKMB terfokus di tingkat fakultas dan jurusan. Melalui rangkaian acara ini diharapkan aspek akademik, organisasi, hingga sosial budaya kampus UNY dapat lebih dikenalkan kepada mahasiswa baru. Muara dari semuanya tidak lain adalah untuk mencapai visi UNY “Pada tahun 2025 menjadi univesitas kependidikan  yang unggul, kreatif, dan inovatif berlandaskan ketakwaan, kecendikiaan, dan kemandirian.”

UKMP (Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian) UNY kembali menghadirkan penampilan terbaiknya pada gelaran ini, tepatnya saat Display UKM. Di tengah-tengah lebih dari 6000 pasang mata, 32 orang yang tergabung dalam tim display UKMP berhasil mencuri perhatian khalayak dengan musikalisasi drama dan orasi. Pada tahun ini tim display UKM Penelitian mengusung konsep Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 merupakan suatu istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena memang inilah era di mana kita hidup saat ini.

Dalam musikalisasi drama digambarkan perubahan kondisi dari masa tradisional ke masa modern yaitu Revolusi Industri 4.0. Cerita bermula dari tiga petani yang menggerutu karena merasa hidupnya begitu-begitu saja. Setiap hari mereka membajak sawah dengan cangkul dan memilah beras dengan tampah, mereka menginginkan ada alat yang bisa membantu mereka bekerja dengan lebih baik dan cepat. Kemudian salah satu petani menemukan portal berlogo UKM Penelitian dan tidak sengaja memencetnya, sehingga membawa mereka melintasi dimensi antar ruang dan waktu menuju ke masa Revolusi Industri 4.0.

Setelah memasuki Era Revolusi Industri 4.0 ditampilkan peran masing-masing fakultas di era ini. Mereka melihat karya-karya inovatif berteknologi tinggi yang mampu membantu pekerjaan manusia. Mulai dari FIK dengan virtual reality sport; FIP dengan penerapan augmented reality dalam pembelajaran; FMIPA dengan inovasi senyawa pengganti bensin; FE dengan UNY Banking; FIS dengan alat pendeteksi peninggalan bersejarah; FBS dengan perekaman gerakan tari tradisional untuk di-input ke dalam gerakan robot; serta FT dengan karya mobil berbahan bakar alternatif yang hemat dan minim emisi berbahaya.

 “Display UKM Penelitian dari tahun ke tahun selalu menarik, selalu ada hal baru yang diangkat dan itu berhubungan dengan inovasi, kreatifitas dan mengedepankan “UKM segala bidang ilmu”. Intinya fakultas dan jurusan apapun, kita tuh tetap bisa berkarya, nah itu pesan yang ingin disampaikan.” tutur Nur Afifah F. M. , salah satu anggota tim display UKM Penelitian.

Persiapan display telah dimulai sejak bulan Mei 2019. Diawali dengan recruitment panitia dan penetapan pemain. Beginilah jawaban Fairuz Zalfa N., selaku koordinator tim bersama Nur Laela P., tentang penampilan dan harapannya.

Performance –nya keren banget. Bisa dapat antusiasme mahasiswa baru. Harapannya supaya banyak yang daftar UKM Penelitian. Ayo berkembang bersama UKM Penelitian. Kami tunggu kunjungan kalian di sekre kami, gedung Student Center lantai 2 sayap barat, dan jangan lupa follow Instagram kami @ukmpenelitianuny,” tuturnya. (MCG)

(Garin/Afifah)

Berita Lainnya

Testing blog

artikel ini merupakan artikl untuk ujicoba dari fitur post untuk…

Read More
Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange