• Agustus 14 2020

MEMPERINGATI HARI PRAMUKA DI TENGAH PANDEMI

Praja Muda Karana atau kepanjangan dari PRAMUKA yang merupakan organisasi kepanduan. PRAMUKA identik dengan tunas kelapa yang diciptakan oleh Soehardjo Admodipura yang digunakan pertama kali pada tanggal 14 Agustus 1961 dan kemudian ditetapkan sebagai hari pramuka. Seperti yang kita ketahui bahwa tunas kelapa memiliki sarat akan makna. Cikal atau buah kelapa yang sedang tumbuh memiliki makna Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa atau tunas penerus bangsa. Buah kelapa yang tahan lama memiliki makna anak Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat serta ulet. Kelapa dapat tumbuh dan hidup di berbagai jenis tanah memiliki makna anak Pramuka merupakan orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun. Kelapa dapat tumbuh menjulang tinggi memiliki makna setiap anak Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi. Akar pohon kelapa sangat kuat memiliki makna Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat. Kelapa pohon yang serbaguna memiliki makna Pramuka berguna bagi nusa, bangsa dan agama.

Ada 4 golongan dalam organisasi Pramuka, yakni: Pramuka Siaga kelompok usia 7-11 tahun. Pramuka Penggalang kelompok usia 11-15 tahun. Pramuka Penegak kelompok usia 16-20 tahun dan yang terakhir Pramuka Pandega kelompok usia 21-25 tahun. Kelompok yang ditujukan untuk orang yang memiliki kedudukan dalam kepramukaan disebut kelompok khusus. Misalnya Pramuka Pembina, adalah sebutan untuk orang dewasa yang memimpin Pramuka. Dan Pelatih, Pamong Saka, Staff Kwartir dan Majelis Pembimbing. Tingkatan Tingkatan dalam kepramukaan adalah sebuah tingkatan yang ditentukan oleh kemampuan anggotanya, kemampuan itu disebut dengan Syarat-syarat Kecakapan Umum atau SKU. Untuk Pramuka siaga dan penggalang, masing-masing Kelompok umur memiliki tiga Tingkatan. Untuk Penegak memiliki 2 tingkatan. Sedangkan Pramuka Pandega hanya 1 tingkatan. Tingkatan Pramuka Siaga yakni: Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata. Tingkatan Pramuka Penggalang yakni: Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap Tingkatan Pramuka Penegak: Penegak Bantara, Penegak Laksana Ada juga sebuah tingkatan khusus yang biasanya disebut dengan Pramuka Garuda, yakni tingkatan tertinggi dalam setiap kelompok umur dalam kepramukaan.

Selain dengan upacara peringatan hari pramuka, perayaan hari Pramuka setiap tahunya selalu dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang bertemakan kepramukaan seperti satu hari berseragam Pramuka bagi anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Kemudian salah satu agenda rutinan kwartir cabang tertentu yakni anjangsana dan ziarah mengunjungi makam-makam tokoh kepramukaan. Kegiatan Estafet Tunas Kelapa juga tidak mau ketinggalan dalam memeriahkan perayaan hari Pramuka. Sangat disayangkan karena kondisi saat ini dimana semua kegiatan perayaan ditiadakan karena adanya pandemi. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa tahun ini juga diadakan perayaan hari Pramuka namun dengan cara yang berbeda. Perayaan tahun ini terfokus untuk membantu menangani covid-19 dan bela negara. Hal tersebut selaras dengan upaya yang ditunjukkan kwartir nasional dalam membentuk SatGas penanggulangan covid-19 dan upaya untuk menggerakkan Pramuka peduli diseluruh kwartir untuk membantu pemerintah.

Semua golongan anggota Pramuka yakni: Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega dan anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam melaksanakan setiap kegiatan social juga telah menerapkan protokol kesehatan yang sesuai dan dibutuhkan untuk mencegah penularan Covid-19.

Oleh: Reni

Sumber

Alkhazizi, Faeshol.2017. Kelompok Umur Adalah Sebuah Tingkatan Dalam Kepramukaan Yang Ditentukan Oleh Umur Anggotanya. Artikel website SCOUTS. Diakses dari https://www.scout.org/node/275496. Pada 13 Agustus 2020 Pukul 15.30 WIB.

Videlia, Dipna. 2020. Tema Hari Pramuka 14 Agustus 2020: Tangani COVID-19 dan Bela Negara. Artikel berita tirti.id. Diakses dari https://tirto.id/tema-hari-pramuka-14-agustus-2020-tangani-covid-19-dan-bela-negara-fXA1. Pada 13 Agustus 2020 Pukul 22.07 WIB.

Berita Lainnya

Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange