KETIKA LOYALITAS DIPERTANYAKAN

Organisasi merupakan sarana untuk sekumpulan individu yang memiliki tujuan dan sasaran tertentu di bidang yang sesuai dengan kompetensi setiap anggotanya. Hal ini merupakan kebutuhan salah satu kebutuhan manusia untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesamanya. Melalui organisasi, seseorang dapat belajar untuk mengutamakan kepentingan organisasi daripada kepentingan pribadi mereka, sehingga proses pembentukan karakter dari lingkungan organisasi ini sangat mempengaruhi keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh anggota dari suatu organisasi.

Hal yang dianggap sangat penting dan fundamental di dalamnya sebuah organisasi adalah loyalitas dan kebersamaan dari setiap anggota dan pemimpinnya.  Hal ini akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan organisasi mengingat adanya berbagai tantangan yang seringkali dialami oleh sebuah organisasi. Tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, makan sebuah organisasi tidak dapat berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak mampu bertahan apabila di dalamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik.

Loyalitas dapat dikatakan sebagai kesetiaan terhadap organisasinya. Apabila para anggita organisasi memiliki loyalitas terhadap organisasinya, maka ia akan memiliki kesadaran akan kewajibanuntuk menggunakan semua fisilitas, kemampuan serta sumber daya yang dimilikinya demi kemajuan organisasinya. Ia akan mendukung setiap program kerja organisasi yang telah dijalankan dan akan mengerjakanya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tentunya terkadang memerlukan pengorbanan baik secara materi maupun waktu yang seringkali tidak dapat diterima oleh mereka yang belum memiliki loyalitas terhadap organisasinya.

Berbicara tentang loyalitas maka perlu dipahami makna dari loyalitas. Seringkali orang berbeda-beda dalam memaknai loyalitas. Akan tetapi pada intinya loyalitas adalah setia terhadap sesuatu dengan rasa cinta, sehingga dengan rasa loyalitas yang tinggi seseorang merasa tidak perlu untuk mendapatkan imbalan dalam melakukan sesuatu untuk organisasinya. Melihat makna tersebut menunjukkan bahwa dalam loyalitas terkandung beberapa unsur diantaranya pengorbanan , kepatuhan, komitmen, dan kesetiaan.

Di sini saya hanya ingin menyampaikan bahwa kita bisa menjadi bagian dari UKM Penelitian adalah karena sebuah pilihan, dimana diawal kita telah menyatakan komitmen kita masing-masing. Entah dulu pada awalnya dipilih atau memilih, semua itu berdasarkan komitmen. Dipilih karena dia dianggap mampu berkomitmen untuk menjalankan amanah dan yang memilih karena ia berkomitmen dan berkeyakinan mampu untuk menjalankan amanah di UKM Penelitian. Oleh karena itu, dari komitmen yang telah dinyatakan itu, perlu kita wujudkan dalam bentuk loyalitas kita kepada UKM Penelitian dengan cara menjalankan amanah di UKM Penelitian dengan sebaik-baiknya.

Terakhir saya sampaikan, terimakasih teruntuk teman-teman yang telah menemani saya menyelesaikan amanah ini hingga ujung kepengurusan, terimakasih sudah menjadi keluarga dalam satu periode kepengurusan ini, semoga kekeluargaan ini tidak hanya berhenti disini. Dan teruntuk teman-teman pengurus UKM Penelitian 26, tunjukkan loyalitas kalian untuk UKM Penelitian periode 2018. Bentuk kebersamaan, tumbuhkan rasa cinta, dan bangun rasa kekeluargaan.

 

Sekian dan terimakasih.

Salam dari Kesra 2017, satu keluarga berjuta¬† asa…

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *