• Oktober 22 2016

Jangan Ngaku UKM Penelitian Lovers

HUT UKMP

HUT UKMP 24

Hallo gaes.
Kali ini, kita mau ngebahas tentang fakta-fakta yang bakal kamu tau dan kamu rasain kalo kamu beneran jadi anak UKM Penelitian UNY.
Pengen ngukur seberapa kenal kamu sama UKM yang satu ini?
Jangan ngaku UKMP lovers kalo kamu belum tau dan belum ngrasain hal-hal yang bakal kita bahas di bawah ini.

Jasmerah.

Jangan sekali-kali melupakan sejarah, gaes (!)
Ngomongin tentang sejarah, UKMP juga punya sejarah lhoo. Menurut SK Rektor -nomor sekian- UKM Penelitian UNY berdiri tanggal 20 Oktober 1993. Semoga kamu mengingatnya, seperti mengingat tanggal lahir orang spesial di hatimu yaa #eeaa
Udah tau kan gaes, kalau ada yang ganjil dengan ‘tahun’ berdirinya? #hayo

“Usia UKMP lebih tua 1 tahun dari tahun berdirinya.” #1

Nggak percaya? Coba cek.
Tahun 2015 kemarin, UKMP merayakan HUT ke-23. Padahal, kalo UKMP berdiri tahun 1993 seharusnya tahun 2015 kemarin baru berusia 22 tahun.
Nah lho (!)
Kalo menurut wawancara penulis ke beberapa sumber #alaah ada dua alasan kuat yang dijadiin landasan. Pertama, ada yang berpendapat kalo HUT UKMP disesuaikan sama PAB. Nah, pada awal berdiri (1993) itu, UKMP udah ngadain PAB Pertama, jadi yaa…. tahun 2015 udah PAB XXIII itu berati umur UKMP juga 23. Kedua, ada juga yang berpendapat kalo sebelum diterbitkannya SK Rektor, UKMP sudah berdiri, di tahun 1992.
Oh ya gaes, masih ngomongin sejarah niih, siapa yang kamu ingat?

“Sejarah UKMP: Antara Pak Sujarwo, Pak Bambang dan Trimasketir” #2

Buat keluarga besar UKMP era 2009an ke atas, pasti nggak bakal asing sama Pak Sujarwo, Pak Bambang dan Trimasketir. Ada apa dengan mereka? (kalo ini menurut subjektif penulis ya gaes 😀 ) Mereka adalah kalimat yang selalu (akan) muncul ketika kalian cari tahu tentang sejarah UKMP. Apalagi niih, kalau yang cerita bapak pembina kita tercinta, Pak Bambang. Biasanya siih, bakalan beliau sampaikan kalau lagi sarasehan, atau ngobrol-ngobrol santai tentang UKMP. Kalo kalian belum tau, boleh lhoo cari tau Ada Apa Dengan Mereka, bukan Ada Apa Dengan Cinta mulu yang diupdate (^_^)V
Satu lagi, fakta sejarah yang wajib kamu tau, gaes.

“Sejak UKMP bernama SUKMA Penelitian. Sejak semua UKM bertempat di LPPM. Sejak saat itulah sekre UKMP selalu berdampingan dengan sekre UKKI” #3

Ini fakta yang wajib banget kamu tahu, gaes. Katanya niih, dari dulu emang UKMP itu selalu berdampingan sama UKKI lhoo #sekre-nya. Bahkan niih, dulu UKMP ada hijab alias pembatas buat area cowok cewek juga. Jadi, sangat sangat wajar kalau di UKMP itu (sampai sekarang) banyak akhi-akhi sholeh dan ukhti-ukhti sholehah. Kerenkan, gaes? Pertahankan! #eeh

Masih masa lalu gaes, #eeh sejarah maksudnya. Hehe.
Menurut pemaparan dari beberapa sumber juga, UKMP itu…

“Pelopor berdirinya beberapa UKM keren (juga) di UNY” #4

UKM yang keren, nggak cuma UKMP kan ya gaes? 🙂 Yees ! Karena sejatinya semua UKM di UNY itu keren, dibidangnya masing-masing. UKMP nggak mungkin dibandingin sama UKM Sepak Bola kan? Bidangnya aja udah beda jaaauuuh. Menurut sejarah, UKMP lebih tepatnya punggawa-punggawa UKMP (di masa itu) merupakan salah satu pelopor dari berdirinya beberapa UKM di UNY.
Kalo yang penulis tau, salah satunya adalah UKM Safel. Katanya niih, dulunya anak UKMP yang merasa butuh mempelajari bahasa asing (bahasa inggris), kemudian membentuk semacam kelompok belajar, yang ternyata menjadi cikal bakal berdirinya UKM Safel.
Begitupun dengan UKM Restek, gaes. Dulunya, UKMP tidak hanya berfokus pada karya ilmiah dan penelitian. Karena banyaknya kreativitas anak-anak UKMP dan tuntutan zaman  juga, akhirnya beberapa punggawa UKMP juga melahirkan UKM Restek.
Nah gaes. Sebagai ibu yang telah melahirkan anak-anaknya #eeh. Sudah sepantasnya kita mengayomi dan mengamalkan ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani.. #halah nggak nyambung 😀

Terlepas dari masa lalu #eeh salah lagi. Sejarah maksudnya, jangan baper 😀 Apapun itu, bagaimanapun ia. UKMP tetap Kreativitas Tanpa Batas ya gaes (!)

Oh ya gaes.
Sejak berpindah dari LPPM, UKMP mendapatkan tempat spesial di Gedung SC lantai 2 sayap barat. Tepatnya di depan tangga menuju lantai 3 sayap barat.
Ruangan bersekat tiga,
menjadi saksi bisu sebuah perjalanan dan pencapaian. (Ast014)
___________________________________________________________(to be continue)

Berita Lainnya

Testing blog

artikel ini merupakan artikl untuk ujicoba dari fitur post untuk…

Read More
Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange