ADA APA DI BALIK JARGON KAMI ADA DENGAN KARYA

Ada yang lagi teriak jargon tuh kayaknya, nampak terdengar keras “Kami Ada dengan Karya” seru kompak dan asyik banget sih kak. Ada apa sih dibalik makna jargon itu?

“Kami Ada dengan Karya” merupakan jargon legendaris dari Bidang II (Penelitian) yang merupakan salah satu bidang dari tiga bidang yang ada di UKM Penelitian UNY. Berdasarkan Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK) UKM Penelitian UNY, maka ranah kerja dari Bidang II (Penelitian) berhubungan dengan kepenelitian dan kepenulisan yakni:

  1. Melaksanakan fungsi pengembangan penelitian serta karya ilmiah mahasiswa.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembinaan karya ilmiah dan penelitian bagi anggota secara terarah, rutin, dan berkesinambungan.
  3. Sebagai pelaksana maupun fasilitator bagi anggota untuk berprestasi dalam lomba-lomba karya ilmiah, baik dalam lingkup universitas, regional, nasional, dan internasional.

Jangan dipikir berat ya hehe, Bidang II (Penelitian) akan banyak memberikan kemudahan dan banyak membantu memalui proker-prokernya.

Apa saja proker bidang II (penelitian) :

  1. Workshop PKM GT-AI

merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang PKM GT-AI, memfasilitasi para mahasiswa UNY dalam kepenulisan karya tulis ilmiah dan mengembangkan gagasan ide secara rasional, solutif dan aplikatif.

  1. UNYSEF (UNY Scientific Fair)

merupakan kompetisi ilmiah dalam bidang pendidikan, sains, teknologi, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan yang diadakan oleh UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta yang terdiri dari tiga kegiatan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Seminar Nasional Pendidikan dan Fieldtrip.

  1. Bidik Karya (Bimbingan dan Diskusi Karya)

merupakan wadah untuk bimbingan dan diskusi karya khusunya bagi para anggota dan pengurus UKM Penelitian UNY. Melalui bidik karya diharapkan dapat melatih dan belajar tentang kepenulisan dan dapat termotivasi untuk mampu berkarya dan berprestasi.

  1. Workshop PKM 5 Bidang

Kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa UNY untuk mengembangkan bakat dan minat menulis serta menuangkan gagasan dan idenya dengan mengikuti kompetisi PKM 5 Bidang sehingga mampu bersaing dengan universitas lain se-Indonesia dan berhasil membawa nama baik Universitas Negeri Yogyakarta di ajang PIMNAS

  1. Research Competition

Research Competition (RC) diadakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kreativitas mahasiswa di bidang penelitian sekaligus sebagai embrio berbagai kompetisi terkait, serta melatih seluruh mahasiswa berbagai jurusan untuk melaksanakan kegiatan di bidang penelitian secara inovatif dan kreatif, serta menghasilkan ide-ide baru di bidang penelitian. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiwa UNY dari berbagai fakultas.

Itulah proker yang ada di Bidang II (penelitian) siapkah anda jadi bagian yang melaksanakan proker ini atau yang mengikuti jadi peserta di proker ini. Tunjukan aksimu dari serang kami tunggu karyamu. Sesuai dengan jargon legendaris Bidang II (penelitian) yakni “Kami Ada dengan Karya”.

Salam Kreativitas Tanpa Batas

 [Imam Fauzi]

 

 

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *