Siapa kami?
Tentang UKM Penelitian UNY

Sejarah UKM Penelitian UNY

“Organisasi adalah tempat berbagi dan mewujudkan mimpi”, kalimat tersebut juga berlaku bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian atau yang lebih akrab disebut UKMP UNY. UKMP adalah organisasi yang mewadahi aktivitas mahasiswa yang memiliki potensi dan atau keinginan dalam mengembangkan sebuah karya ilmiah. Sebuah organisasi dibidang penalaran yang menjadi tempat bagi mahawawa UNY untuk berbagi motivasi dan visi dalam bidang karya tulis dan penelitian. Selain berbagi UKMP juga menjadi jembatan untuk mewujudkan mimpi dalam ranah karya tulis dan penelitian.

Keinginan membentuk sebuah kesatuan timbul dari hasrat para mahasiswa UNY yang memiliki prestasi dan peduli dengan pencitraan nama almamater mereka. Sadar akan keterbatasan yang mereka memiliki sebagai mahasiswa dalam hal kemampuan dan masa studi, maka para mahasiswa tersebut membuat sebuah forum diskusi. SUKMA Penelitian (Sub Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian) lahir karena kegerahan mahasiswa UNY di bidang penalaran kala itu (1993). Bersama aktivis –aktivis yang concerns dengan dunia penelitian maka pada bulan Agustus 1993, terbentuk tim formatur yang berhasil menyusun perangkat berdirinya suatu organisasi yaitu AD/ART, Kepengurusan, dan GBHK. Secara resmi UKM Penelitian yang dulu bernama SUKMA Penelitian berdiri berdasarkan SK Rektor No 223 tahun 1993 tanggal 20 Oktober 1993.

SUKMA Penelitian kemudian berganti nama menjadi UKM Penelitian (Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian) yang dikenal hingga sekarang.

Visi

Memasyarakatkan dan mengembangkan karya ilmiah dan penelitian mahasiswa UNY serta menghasilkan produk dan jasa yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mendukung kemandirian berorganisasi.

Misi

  • Memberdayakan anggota UKM Penelitian dan mahasiswa UNY dalam menciptakan karya-karya terbaik.

  • Memberikan manfaat nyata UKM Penelitian terhadap kampus UNY dan masyarakat luas.

Tujuan

  • Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk berpikir ilmiah yang kritis, kreatif, inovatif, metodis, dan konstruktif.

  • Mengkaji gejala-gejala ilmu pengetahuan teknologi dan kemasyarakatan yang aktual dan kontemporer.
  • Menciptakan generasi muda yang handal bagi pengembangan profesional keilmuan mahasiswa.
Sambutan Ketua UKM Penelitian 2022

Muhammad Ertam Hidayat

Selamat datang teman-teman di UKM Penelitian. Semoga kita menjadi peneliti-peneliti yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Lihatlah Sedikit Tentang Kami

UKMP dalam Angka

Semua ini merupakan pencapaian UKM Penelitian UNY

3

Total Member

1

Years of Experience

0

Total Award

3

Publication
Secured By miniOrange