8 Tim dari UKM Penelitian UNY Siap Menuju PIMNAS 32

Sumber: Kemenristeksikti

UKMP UNY-Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS)  merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para pejuang program kreativitas mahasiswa. Begitupun dengan UKM Penelitian UNY yang notabenya sebagai UKM dalam bidang penalaran di Universitas Negeri Yogyakarta. UKM Penelitian UNY berkesempatan menyumbangkan 8 tim dari total keseluruhan 22 tim dari UNY pada PIMNAS ke-32 kali ini. Ini berarti sebanyak 36% delegasi PIMNAS UNY berasal dari UKM Penelitian. Sebuah kebanggaan tersendiri atas pencapaian yang diraih oleh teman-teman dari bidang penalaran.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berlangsung sejak awal tahun 2019 lalu telah menyumbangkan perjuangan besar dari para mahasiswa. PKM merupakan wadah bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengembangkan gagasan-gagasannya sesuai dengan skim-skim yang disajikan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa). Pada tahun 2019 ini terdapat 5 bidang (PKM-P, PKM-K, PKM-KC, PKM-M, PKM-T), PKM-GT, dan PKM-GFK yang diikutkan dalam PIMNAS.  

Berdasarkan keputusan Ditjen Belmawa pada tanggal 30 Juli 2019 tentang Penetapan Peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-32 tahun 2019, sebanyak 460 tim dari 126 perguruan tinggi berkesempatan untuk berjuang pada tanggal 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Bali.

Universitas Negeri Yogyakarta mendelegasikan 22 tim terbaiknya yang pada akhirnya berhasil membawa UNY pada posisi keempat dari 10 besar. 22 tim PKM tersebut tersebar kedalam beberapa bidang meliputi PKM-GFK (1), PKM-K (3), PKM-KC (3), PKM-M (5), PKM-PE (3), PKM-PSH (6), dan PKM-T (1). Dari ke-22 tim, 8 diantaranya berasal dari UKM Penelitian UNY. Berikut daftar tim lolos PIMNAS dari UKMP.

1.      M. Chusna Aslimah dan Firyun (PKM- GFK)

2.      Fahayu Priristia dan Annisa (PKM- K)

3.      M. Adi Febri S tim Uswatun Karimah (PKM- KC)

4.      A. Sidiq Assad tim Azwan dan Afrian Dwi (PKM- M)

5.      Yustia Pramesti tim Restu Saputra (PKM- M)

6.      Aji Saputra (PKM- PE)

7.      Tara Belinda dan Arif Hidayat (PKM- PSH)

8.      Febriani (PKM- PSH)

Hampir setiap bidang terdapat perwakilan dari UKM Penelitian. Hanya saja untuk PKM-GT dan PKM-T sementara ini diwakilkan oleh peserta lainnya. Masing-masing tim memiliki keunggulan pada program yang dibuat. Selamat berjuang kawan-kawan UKM Penelitian pada khususnya dan juga kontingen UNY pada umumnya. Selamat berkreativitas tanpa batas untuk Indonesia! 

(Kristina)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *