UNYSEF : BERMULA DARI ESAI MENJADI LKTI BERKONSEP STUDI KASUS

 

 

2018 menjadi tahun ke tujuh terselenggarannya perhelatan akbar yang dinantikan pegiat karya ilmiah. Tak lain tak bukan ialah kegiatan Universitas Negeri Yogyakarta Scientific Fair atau akrab dengan kalimat UNYSEF. Kegiatan ini berawal dari berbagai permasalahan di Indonesia kita tercinta, para anak muda yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) UNY, menyediakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk untuk menuangkan ide-ide kreatif yang aplikatif dan inovatif yang diharapkan dapat menjawab permasalahan yang ada.

UNYSEF pertama kali terselenggara pada 21 Oktober 2012 dengan lomba yang diusung pada tahun itu adalah Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Lomba Esai Nasional (LEN), dan Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Solusiku Untuk Indonesia Kini Dan Nanti”. Kegiatan tersebut ditujukan bagi guru maupun mahasiswa di seluruh Indonesia.

Selanjutnya dalam rangka memperingati DIES NATALIES UNY ke-49, UNYSEF kembali dilaksanakan tepatnya pada hari Sabtu, 18 Mei 2013 dengan tema “Peran Pendidikan dalam Mewujudkan Pencerahan dan Kemandirian Bangsa”.  Jumlah karya yang masuk ke panitia sebanyak 257 karya dari PTN dan PTS seluruh Indonesia yang kemudian diambil 12 karya terbaik yang berhak untuk mempresentasikannya di final. Pada kesempatan ini, tropi juara pertama direbut oleh UKMF Kristal dengan anggota tim Dicky Pradana, Siti Rokhimah dan Tri Lestari.

Pada tahun 2014, UNYSEF kembali menyambut pecinta karya ilmiah dengan mengadakan LKTI bertema “Memantapkan Pendidikan Karakter untuk Melahirkan Insan yang Bermoral, Humanis, dan Profesional”. Mohon maaf tidak terlalu banyak informasi pada tahun tersebut.

Masih dalam rangka memeriahkan Dies Natalis UNY ke-51 sebagai universitas terdepan dalam acuan pendidikan di Indonesia, UNYSEF kembali hadir dengan tema yang senada dengan visi UNY. Oleh karena itu UNYSEF ke-4 hadir dengan LKTI Pendidikan dengan tema “Peran Ilmu Pengetahuan dalam Mewujudkan Generasi Muda yang Kreatif, Inovatif dan Humanis”. Acara tersebut terlaksana pada 8-9 Mei 2015 dengan juara 1 diraih oleh tuan rumah UNY dengan anggota tim Ahmad Muzaki Salman Alfaris, Arif Wahyu Saputro, Murti Sarining Laras (UNY).

Tahun 2016, UKM Penelitian UNY bersama UKM Penalaran UNY bergabung menyambut Dies Natalis UNY ke-52 dengan sebuah agenda bersama dengan nama UNYFEST. UNYFEST terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (UNYSEF) yang diadakan oleh UKM Penelitian UNY, Lomba Teknologi Tepat Guna (UNYTECH)dan Lomba Game Edukasi (UNITY) yang diselenggarakan oleh UKM Rekayasa Teknologi, Lomba Penyiar Nasional (MAC) oleh UKM Magenta, dan Lomba Essay dan Debat Bahasa Inggris Nasional (UNESCHO) oleh UKM Safel. Rangkaian acara UNYFEST ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 13 Mei 2016 dengan tema yang diangkat adalah “Kontribusi Generasi Muda Melalui Invensi, Inovasi, dan Kreasi dalam Pengelolaan Potensi Lokal Menuju Indonesia Mandiri Berdaya Saing Global ”. pada kesempatan ini, piala UNYSEF berhasil di raih Wisnu Murti dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

            Tahun tersebut juga UKM Penelitian UNY mengusung dobrakan baru dalam menyelenggarakan Lomba Karya Tulis UNYSEF. Mengangkat tema “Optimalisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Melalui Pendidikan Karakter Menuju Kemandirian Bangsa”, UNYSEF ke-6 hadir bukan hanya memberikan tema namun juga memberikan syarat khusus dalam pembuatan karya. Peserta ditantang untuk melakukan inovasi guna peningkatan kualitas hidup masyarakat Bantaran Kali Code Yogyakarta. Informasi seputar keadaan wilayah disampaikan panita melalui video penjelasan yang di upload di youtube resmi ( https://www.youtube.com/watch?v=pwTEdl0NSj8 ). Dari 230 karya yang masuk, diambillah 15 finalis terbaik untuk presentasi dan piala juara pertama masih bertahan di rumah tim tahun lalu, Universitas Gadjah Mada namun dengan tim yang berbeda yaitu tim yang diketuai Adithya Whisnu H.

Tahun ini, UNYSEF ke-7 kembali hadir dengan konsep yang sama dari tahun kemarin, namun kali ini wilayah yang disasar adalah Pantai Trisik Kulonprogo. Video dapat diakses disini https://www.youtube.com/watch?v=u-hE9NUJCkA .Mengangkat tema “Optimalisasi Peran Pemuda dalam Mengembangkan SDM dan SDA Guna Mewujudkan Indonesia Mandiri” yang sejalan dengan tema acara Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta ke-55, kemanakah piala UNYSEF tahun ini akan bertandang?

(ast/hidhid)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Secured By miniOrange