UNY RAIH JUARA 1 LKTI REALITY WRITING COMPETITION (RWrC) 2016

UKMP UNY Menyabet Juara 1 dalam agenda RWRC

UKMP UNY Menyabet Juara 1 dalam agenda RWRC

Tim Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian kembali menorehkan prestasinya dalam event berskala nasional yaitu dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Reality Writing Competition (RWrC) 2016 yang diselengarakan oleh UKMF Penelitian Reality Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta pada hari Jumat, 27 Mei 2016. Dalam event tahunan yang mengangkat tema “Peran Generasi Muda Indonesia dalam Menjaga Integrasi Bangsa” ini, delegasi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menorehkan prestasi gemilang, yakni memperoleh juara 1 dari 10 besar tim delegasi dari penjuru Indonesia lainnya.

Lomba  Karya Tulis Ilmiah Nasional  Reality Writing Competition (RWrC) 2016   yang diselenggarakan oleh UKMF Penelitian Reality FIP UNY yang diadakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta  ini mengangkat tema “Peran Generasi Muda Indonesia dalam Menjaga Integrasi Bangsa”. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kreativitas mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga integrasi bangsa Indonesia melalui penulisan karya tulis ilmiah.

Tim ini digawangi oleh 3 orang mahasiswa dan 1 dosen pembimbing, yakni Trisna Yulianto (Pendidikan Luar Biasa 2014) sebagai ketua, Sayidatul Maslahah (Pendidikan Luar Biasa 2014), Muh Hadi Abdul Aziz (Pendidikan Teknik Informatika 2013) dengan dosen pembimbing dr. Atien Nur Chamidah, M. Dist, St. yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Dalam kesempatan kali ini, delegasi UNY ini mempersembahkan karyanya yaitu Leather Puppet For Children With Deaf Alternatif Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Tunarungu Dalam Pengenalan Budaya Wayang Kulit Berbasis Android”.

Kegiatan ini dilakukan dalam waktu 3 hari di mulai dari hari Jumat tanggal 27 Mei 2016 sampai dengan hari Minggu tanggal 29 Mei 2016. Adapun penyelenggaraan kegiatan ini adalah di Hotel Museum Batik dan  Abdullah Sigit. Pada tanggal 28 Mei kegiatan yang dilakukan adalah presentasi yang berada di ruang Abdullah Sigit Fakultas Ilmu Pendidikan . sedangkan field trip dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2016 dengan tujuan mengunjungi tempat wisata dari kota yang berada di Yogyakarta yaitu Keraton, Museum Benteng Verdeburg, dan Malioboro.

Bukan suatu perjuangan yang mudah bagi tim untuk berhasil meraih juara tersebut, dimulai dari proses pengiriman abstrak, penyusunan proposal, pembuatan media pembelajaran, uji coba ke SLB B Karnamanohara hingga saat presentasi yang semuanya mengorbankan waktu, tenaga, dan biaya yang tidak sedikit.

Dalam hal ini, tim mengaku kejuaraan ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena lawan-lawan yang hadir dalam kompetisi ini sangatlah berat yakni 2 dari  Universitas Negeri Yogyakarta, 2 dari Universitas Brawijaya, 1 dari Universitas UIN Sunan Kalijaga, 1 dari Universitas Riau, 1 dari Universitas Pendidikan Indonesia, 1 dari Institut Pertanian Bogor dan 1 dari Universitas Sumatera Utara.

Berkat kerja keras, kerja sama tim, dan dukungan dari pihak-pihak terkait, delegasi UNY mampu menyabet juara 1 dalam perlombaan kali ini. Sementara juara ke-2 diraih tim Institut Pertanian Bogor dan juara ketiga diraih oleh tim dari Universitas Riau.

[Sayidatul]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange