UKMP BERHASIL MERAIH JUARA III DALAM AJANG LOMBA CALL FOR PAPER Y-PLAN COMPETITION 2016

TIM UKMP UNY BERHASIL MERAIH JUARA III DALAM AJANG LOMBA CALL FOR PAPER Y-PLAN COMPETITION 2016

Mahasiswa UNY yang tergabung dalam tim berangggotakan Dea Sakinah Hulfa (Fisika/2013), Rizal Justian Setiawan (Teknik Mesin/2014) dan Indra Dwi Suryanto (Pendidikan Teknik Elektro /2013) dibawah bimbingan Bapak Dr. Mujiyono, S. T., M. T., W.Eng. , berhasil meraih Juara III dalam ajang Lomba Call For Paper Y-Plan Competition 2016  yang diselenggarakan pada 3-5 Mei 2016 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Acara ini diikuti oleh lebih dari 5 finalis, diantaranya adalah ITS Surabaya, ITB Bandung, UNY Yogyakarta, UNDIP Semarang, UNAIR Surabaya. Ajang ini diikuti oleh kalangan mahasiswa, baik D3 maupun S1.
Karya tulis yang dibuat oleh Dea Sakinah Hulfa dan tim berjudul

AVER-GEBU (Aloe Vera Green Building) : Gedung Bertingkat Berbasis Verticulture dan Water Management Dengan Pemanfaatan Renewable Energy Lidah Buaya (Aloe barbadensis miller) sebagai Inovasi Green Building Anti Polutan yang Ramah Lingkungan di Kota Jakarta

Karya ini tersusun karena dilatar belakangi fakta bahwa Indonesia meupakan negara kepualauan dengan jumlah penduduk sebesar 254, 9 juta penduduk (BPS, 2015). Kita ketahui bersama Indonesia salah satu negara berkembang yang tengah gencar melakukan pembangunan gedung bertingkat di kota-kota besar salah satunya yaitu kota Jakarta. Tujuan dari pembangunan gedung bertingkat ini yaitu untuk mendukung aktifitas manusia yang pastinya aktivitas ini akan menimbulkan limbah rumah tangga/ graywater yang kian hari kian menumpuk. Indonesia membutuhkan revolusi deekoltrasi , ruang hijau dan lahan hijau kian menyemput dan kian menyusut. Pembangunan gedung bertingkat akan menyebabkan konsumsi listrik meningkat pula hal ini sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional, sedangkan Indonesia masih bergantung pada bahan bakar fosil. Apabila Indonesia masih bergantung pada bahan bakar fosil, bagaimana dengan nasib listrik di indonesia yang pastinya akan berdampak pada gedung-gedung bertingkat di Indoneisa. Untuk itu tim kami melakukan penelitian di bidang Bio-Energy dengan menggunakan tanaman lidah buaya (Aloe Vera). Tanaman lidah buaya merupakan taman anti polutan dan ternyata memiliki banyak kandungan elektrolit sehingga dapat diguanakan sebagai sumber energy listrik
Penjurian dilakukan dalam 2 cara yaitu presentasi dan tanya jawab oleh 3 orang juri serta penilaian poster.
Sebelum diikutsertakan dalam ajang ini, telah dilakukan penelitian tentang Tanaman Lidah Buaya ( Aloe Vera) untuk di Uji sebagai sumber energy listrik.

[Dea]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange