UKM Penelitian UNY Selenggarakan Studi Ilmiah 2016

UKM Penelitian UNY selenggarakan Studi Ilmiah 2016

UKM Penelitian UNY selenggarakan Studi Ilmiah 2016

Pada hari Sabtu, 16 April 2016 bertempat di Student Center lantai 3 telah dilaksanakan acara Studi Ilmiah oleh UKM Penelitian UNY. Acara Studi Ilmiah ini merupakan program kerja dari Bidang 2 Penelitian yang berupa seminar Metodologi Penelitian dan Talkshow bersama mahasiswa berprestasi UNY. Acara yang dihadiri oleh sekitar 60 peserta dari berbagai universitas di Yogyakarta ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum UKM Penelitian, Mega Ayu Wulandari. Beliau menjelaskan tentang profil dari Studi Ilmiah dan menekankan semoga acara ini dapat bermanfaat sebagai langkah awal dari kepenulisan penelitian. Acara dilanjutkan dengan seminar yaitu pemaparan materi utama tentang metodologi penelitian. Seminar ini terbagi menjadi dua sesi, yakni bidang eksakta yang disampaikan oleh dosen Kimia UNY, Dr. Das Salirawati, M.Si. dan bidang sosial humaniora oleh dosen Pendidikan Sosiologi, Adi Cilik Pierewan, Ph.D. Mereka memaparkan tentang motivasi untuk meneliti dan bgaimana cara untuk mengolah data. Seminar ini dibersamai oleh seorang moderator, yakni Rini Winarti dari prodi Pendidikan Biologi 2014 dan berlangsung selama tiga jam.
Sebelum menginjak acara Talkshow, para peserta dihibur oleh penampilan dari teman-teman UKMPcoustik yang terdiri dari Nilam Arba Wulandari, Kautsar Fadlih Akbar dan Ageng Widi Atmoko. Mereka menyanyikan lagu I Will Fly, Laskar Pelangi dan Kreativitas Tanpa Batas. Acara selanjutnya tentang Talkshow bersama mahasiswa berprestasi dibersamai dengan Sayidah Alawiyah, Mapres UNY 2015 dan Rifaldy Fajar, runner up Mapres UNY 2016. Acara Talkshow tersebut dibersamai oleh seorang moderator yaitu Sayidatul Maslahah dari prodi Pendidikan Luar Biasa 2014. Para pembicara tersebut membagi pengalaman mereka selama melakukan penelitian, tips dan trik untuk berprestasi, dan suka duka menjadi mahasiswa berprestasi. Talkshow ini berlangsung selama 1 jam 30 menit. Kedua acara tersebut masing-masing ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh Ketua Panitia dan foto bersama.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat meneliti khususnya mahasiswa UNY dan para peserta yang hadir. Selain itu, acara ini menjadi ajang sosialisasi SUG (Student Union Grant) yang merupakan salah satu wadah meneliti para mahasiswa UNY. (tari dan wahyu)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange