UKM Penelitian tanpa Bidang 3 seperti Ungkapan “Kacang Lupa Kulitnya”

bidang 3 ukm penelitian uny 2017

Bidang 3 UKM Penelitian 2017

Bidang 3 Kewirausahaan merupakan salah satu dari tga bidang yang ada di UKM Penelitian UNY. Bidang 3 Memwadahi mahasiswa dalam hal kewirausahaan. Selain diarahkan untuk dapat mengembangkan jiwa penelitian, mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan jiwa kewirausahaan. Dalam Garis-garis Besar Haluan Kerja (GBHK) UKM Penelitian UNY, ranah kerja Bidang 3 Kewirausahaan adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai wadah untuk pelatihan dan pengembangan potensi anggota UKM Penelitian UNY dalam bidang kewirausahaan,
  2. menjalin kerjasama dengan badan-badan usaha lain diluar UKM Penelitian UNY, dan
  3. menyelenggarakan pendidikan dan pembinaan pengolahan data bagi anggota.

Dalam melaksanakan ranah kerja Bidang 3 Kewirausahaan, pada tahun 2017 memiliki program  kerja, yaitu: (1) KIR atau Karya Ilmiah Remaja, dimana pada tahun ini sekolah binaan adalah MAN LAB UIN dan dlaksanakan 1 minggu sekali; (2) Jasa-jasa, mempunyai ranah kerja dalam pembuatan jaket dan pdl, kantin kejujuran, dan pembuatan modul KIR; (3) Pelatihan SPSS, memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar pengolahan data statistic, memberikan pengetahuan tentang teknik pengoperasian SPSS dalam pengolahan data statistic, serta mampu mengolah data penelitian sendiri menggunakan sotfware SPSS; dan (3) Seminar Nasional, merupakan program kerja baru tentang Seminar Nasional Kependidikan yang merupakan rangkaian acara dari UNYSEF.

Setelah mengetahui tentang maksud dan proker dari Bidang 3 Kewirausahaan, selalu timbul pertanyaan yang setiap tahun tidak penah absen dipertanyakan saat MUSYANG (Musyawarah Anggota) tentang “Apa esensi Bidang 3 Kewirausahaan di UKM Penelitian?. Jawabannya sudah jelas dan kita rasakan di UKM Penelitian, dilihat dari ranah kerja pelatihan SPSS yang notabene merupakan fasilitas bagi peneliti dalam mengolah data. Dimana jika dilihat dari rohnya UKM Penelitian yang merupakan Bidang 2 Penelitian, dalam hal ini Bidang 3 Kewirausahaan merupakan sarana utama dalam melengkapinya dengan proker SPSS.

Kita juga tahu bahwa dalam organisasi  membutuhkan dana “duit” dalam kehidupannya untuk mampu tetap bertahan. Banyak yang belum tahu jika Bidang 3 Kewirausahaan setiap semester memberikan uang kepada UKM Penelitian dari hasil keuntungan Bidang 3 Kewirausahaan yang telah disepakati oleh ketua UKM Penelitian dan Bidang 3 Kewirausahaan. Hasil keuntungan dari proker Bidang 3 Kewirausahaan diserahkan masuk kas UKM Penelitian Dengan uang ini diharapkan dapat memajukan UKM Penelitian.

Dari beberapa peryataan diatas dapat dipahami peranan utama Bidang 3 Kewirausahaan bagi UKM Penelitian. Baik prokernya maupun jasa Bidang 3 Kewirausahaan terhadap UKM Penelitian. Ibarat “kacang lupa kulit” merupakan filosfi yang dapat diambil jika Bidang 3 Kewirausahaan tidak ada di UKM Penelitian.

Mari berkontribusi dan berprestasi bersama Bidang 3 Kewirausahaan, yang muda yang berwirausaha.

Salam jargon Serius, Santai, Sukses.

#SeriusSantaiSukses

#kamiadadenganUtang

#utangutangutang

#AkuCahKerjo

[Enggar Dwi Dermwan/mnc]

muhamad nur chozin

Staff Sub bidang Humas 2017 Person who's trying to pursue his incredible dreams

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange