UKM Penelitian Menyelenggarakan Desiminasi Skripsi #1 2017

Desiminasi Skirpsi #1 2017Sebagai salah satu organisasi wadah aktivitas mahasiswa yang memiliki potensi dan ketertarikan pada pengembangan karya ilmiah. Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian merupakan tempat untuk berorganisasi dan berkarya. Ditambah dengan suasana kekeluargaan yang erat, UKM Penelitian juga memberi wadah bagi anggota yang telah menempuh skripsi untuk dapat berbagi ilmu kepenelitiannya. Tidak hanya diperuntukkan bagi anggota saja, desiminasi kali ini juga terbuka untuk umum.Program kerja dari subbidang Kesra ini disebut dengan “Desiminasi Skripsi”.Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mahasiswa UNY dan anggota UKMP pada khususnya dapat lebih mengenal skripsi.

Kegiatan ini berlangsung di Gedung Student Center UNY lantai 2, pada Hari Rabu, 22 Februari 2017 pukul 18.30 WIB. Desiminasi skripsi kali ini dibersamai oleh 2 desiminator, yakniUmi Habibah, S.Si (Fisika) dan Fajar Hidayat, S.Pd (PJKR).

Umi Habibah mempresentasikan skripsinya yang berjudul “Karakteristik Mikrotremor berdasarkan Analisis Spektrum, TFA (Time Frequency Analysis), dan Analisis Seismisitas pada Kawasan Jalur Sesar Opak”. Desiminator pertama ini membahas tentang sistem sinyal, cara mengetahui susunan batuan di suatu wilayah, sampai dengan sikap penanggulangan gempa di daerah Yogyakarta. Tidak hanya membagikan isi skripsinya, Umi Habibah juga berbagi pengalaman tentang tantangan yang ia hadapi. Tantangan tersebut seperti kurangnya rujukan yang pada akhirnya banyak menggunakan jurnal luar negeri, dan tidak adanya peralatan dalam menyelesaikan penelitian yang akhirnya ia pinjam dari BMKG.

Sedang Fajar Hidayat dengan skripsi yang berjudul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Materi Budaya Hidup Sehat untuk Siswa Kelas XI” membagikan ilmunya dengan interaktif. Desiminator kedua ini mengemukanan bahwa PJKR bukanlah ilmu praktik saja, tapi juga melibatkan teori, seperti HIV, narkoba, dan kesehatan pribadi. Tapi harapan guru olahraga dalam memberikan materi teori pada siswa sering kali tidak dapat terealisasikan dikarenakan kurangnya antusiasme siswa dalam menggunakan waktu olahraga mereka untuk materi teori saja. Hal itu menjadi latar belakangnya dalam mengembangkan sebuah media belajar, sehingga siswa dapat mempelajari teori olahraga tanpa terikat ruang dan waktu.

Di akhir acara Desiminasi Skripsi #1, mereka berpesan untuk yang akan dan sedang menempuh skripsi supaya dapat fokus dan menjalaninya dengan tetap menjaga kesehatan.Desiminasi yang mengundang antusiasme peserta ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

[Aji Tofa/Rizky Hermawan]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange