UKM Penelitian, BEST CONTRIBUTION di Neuron Award MITI KM 2016

UKM Penelitian, BEST CONTRIBUTION di Neuron Awward

UKM Penelitian, BEST CONTRIBUTION di Neuron Awward

UKM PENELITIAN UNY pada tahun ini mampu meraih penghargaan BEST CONTRIBUTION dari MITI KM (Klaster Mahasiswa) di ajang bergengsi Neuron Award 2016. Neuron Award sendiri merupakan salah satu lomba yang di selenggarakan oleh MITI KM (Klaster Mahasiswa) setiap 2 tahun sekali, lomba ini diadakan untuk memberikan penganugerahan pada lembaga penelitian dan penalaran di Indonesia yang bermitra dengan MITI KM (Klaster Mahasiswa). Dalam penyelenggaraan Neuron Award tahun ini MITI KM (Klaster Mahasiswa) bekerjasama dengan UKM TRAS (Tirtayasa Research and Academic Society) dan Universitas Ageng Tirtayasa di Banten pada tanggal 06-08 Mei 2016.

Neuron Award masuk dalam salah satu rangkaian acara TRASIVAL 2016 diadakan oleh UKM TRAS (Tirtayasa Research and Academic Society) Universitas Ageng Tirtayasa, dimana dalam agenda ini terdapat acara seminar nasional, Call for Paper, dan Workshop Beasiswa.  Acara Neuron Award sendiri diikuti oleh puluhan lembaga penelitian dan penalaran dari berbagai Universitas di Indonesia. dari lembaga-lembaga yang mendaftarkan diri kemudian di seleksi oleh MITI KM dan diperoleh 10 lembaga yang masuk ke tahap final yakni Forum for Scientific Studies (FORCES) dari Institut Pertanian Bogor, LPM Penalaran dari Universitas Negeri Makassar, Pusat Pengembangan Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa (PPIPM) dari Universitas Negeri Padang, Studi Ilmiah Mahasiswa (SIM) dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, UKM Forum Diskusi ilmiah (FDI) dari Universitas Muhamadiyah Malang, UKM Riset dan Penalaran EXIST dari Universitas Jambi, Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) dari Universitas Negeri Semarang, Unit Kegiatan Ilmiah Mahasiswa (UKIM) Universitas Negeri Surabaya, UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta, Lembaga Studi Ilmiah Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

TIM UKM Penelitian UNY diwakili oleh Mega Ayu Wulandari dan Muhammad Ferry berangkat pada Jumat 06 Mei 2016 untuk mengikuti agenda Technical Meeting untuk apa saja yang perlu disiapkan pada saat sesi presentasi pada esok harinya. Esok harinya sabtu tanggal 07 Mei 2016 memasuki tahap presentasi yang diawali dengan sesi pembukaan rangkaian acara TRASIVAL oleh perwakilan kemahasiswaan rektorat Universitas Ageng Tirtayasa. UKM Penelitian UNY mendapat presentasi dengan nomor urut terakhir yakni 10. Hal-hal yang wajib dipaparkan dalam prenstasi adalah sejarah lembaga, alur kaderisasi lembaga, budaya diskusi lembaga, produk-produk yang dihasilkan, Riset dan publikasi lembaga, Prestasi dan kontribusi lembaga kepada masyarakat serta video yang mendeskripsikan tentang lembaga. Pada sesi presentasi ini nampak sekali suasana persaingan diantara para 10 lembaga finalis. Masing-masing lembaga mengeluarkan produk-produk, karya-karya terbaiknya dan setiap lembaga memiliki keunggulan serta ciri khas masing-masing.

UKM Penelitian membentuk tim khusus yakni Tim Eksekusi Neuron Award untuk menyiapkan pesyaratan lomba ini, dimana tim ini sendiri di pimpin langsung oleh Mega Ayu Wulandari selaku ketua umum UKM Penelitian 2016. Dalam perjalanannya tim ini memiliki banyak kendala seperti manajemen waktu, urusan administrasi, dan persiapan lain. Namun, dari berbagai kendala tersebut merupakan sarana belajar dan berproses teman-teman UKM Penelitian 2016. Alhamdulillahnya dari hasil kerja keras teman-teman UKM Penelitian UNY mendapat penghargaan untuk kategori BEST CONTRIBUTION. Mega Ayu Wulandari selaku ketua umum UKM Penelitian UNY 2016 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya pada anggota, pengurus, dan alumni serta semua pihak yang mendukung dalam pencapaian di kompetisi Neuron Award. Semoga kedepannya UKM Penelitian mampu berkontribusi lebih dan mampu menghasilkan kader-kader peneliti dan karya yang bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

[Muhammad Ferry]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

2 Responses

  1. srikandi says:

    Kereeeen. Semangat terus ya UKM Penelitian!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange