Tiud’s Advanture: Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Pembelajaran Matematika

Kebudayaan merupakan seperangkat ide, gagasan, sikap, dan tindakan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat melalui proses belajar yang bisa dilaksanakan didalam lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Kebudayaan menjadi identitas bangsa yang harus dihormati, dijaga, dan dilestarikan agar tetap dipertahankan dan menjadi warisan bangsa. Pemerintahpun pun ikut andil dalam upaya melestarikan kebudayaan Indonesia di lingkungan sekolah, yaitu dengan adanya Kompetensi Dasar (KD) tentang melestarikan budaya.

Salah satu Tim PKM UNY yang diketuai oleh Ika Agustina Fitriani (Pendidikan Matematika 2014), Umy Maysyaroh (Pendidikan Matematika 2014), Taufik Anwar Sholikin (Pendidikan Teknik Informatika 2014), Maulana Teja Tiwikrama (Pendidikan Teknik Infomatika 2014) dan Latifah Dyah Azhari (Pendidikan Geografi 2015) membuat game edukasi yang mampu mengenalkan kebudayaan Indonesia kepada siswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Tim yang mendapatkan dana hibah dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini mengangkat judul Tiud’s Advanture: Pengenalan Budaya Indonesia Melalui Pembelajaran Matematika.

Game ini mengkombinasikan pembelajaran Operasi Bilangan Matematika dengan Seni Budaya dan Prakarya dalam rangka memperkenalkan kebudayaan Indonesia. Beberapa kebudayaan yang diangkat adalah tarian daerah, rumah adat daerah, dan senjata tradisional. Selain untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematika, game ini diharapkan mampu memperkenalkan macam-macam tarian daerah, rumah adat, dan senjata tradisional kepada siswa sekolah dasar.

[Ika]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange