Studi Banding UKMP ke BPTBA LIPI Yogyakarta

Studi Banding UKMP ke BPTBA LIPI Yogyakarta

Studi Banding UKMP ke BPTBA LIPI Yogyakarta

Ilmu tidak hanya didapat dalam bangku kuliah saja, kejarlah ilmu sampai ke Negeri Cina. Berlandaskan pada kedua pepatah tersebut, UKM Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta tepat pada hari Selasa, 21 Juni 2015 kemarin  mengadakan agenda studi banding yang bertempat di BPTBA LIPI Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja sub bidang humas dalam menjalin relasi eksternal.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau yang lebih akrab di panggil LIPI Yogyakarta dipilih menjadi lokasi studi banding karena Instansi tersebut sangat erat kaitannya dalam dunia penelitian khususnya dalam bidang pangan dan pakan. Selain bertujuan untuk menjalin relasi secara eksternal, kegiatan studi banding ini diadakan sebagai upaya peningkatan wawasan anggota UKM Penelitian dalam bidang kepenelitian serta pengaplikasian hasil penelitian dalam masyarakat. Agenda ini diikuti oleh 30 Peserta yang terdiri dari lima perwakilan dari setiap bidang dan sub bidang.

Agenda dimulai pukul 10.30 berupa pembukaan dengan doa bersama dari ketua panitia, Restu Wijayanto yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju LIPI Yogyakarta yang bertempat di Playen, Gunung Kidul. Kurang lebih 45 menit rombongan tiba di LIPI Yogya dengan sambutan yang baik dari pihak penerima. Kegiatan dimulai dengan perkenalan mengenai LIPI Yogya yang kemudian langsung dilanjutkan dengan observasi keliling. Banyak ilmu yang diperoleh ketika melakukan observasi keliling ini. UKM Penelitian UNY belajar mengenai pengolahan pangan dan pakan yang ada di LIPI serta berbagai teknologi-teknologi baru temuannya.

Dari beragam penemuan-penemuan yang ada di LIPI salah satu penemuan yang menarik perhatian rombongan stuba adalah teknologi sapi vistula (ruminansia) yakni berupa pelubangan pada perut sapi yang bertujuan untuk mengoptimalisasi ruang sampel penelitian. Selain itu rombongan pun diberi penjelasan mengenai beragam produk LIPI mulai dari coklat, sabun, teh rosela dll. Tidak hanya penjelasan mengenai penelitian dan produk dari LIPI saja, namun dengan kegiatan studi banding ini peserta diberi informasi mengenai peluang untuk bekerja sama dalam hal pkl, skripsi, hingga pelaksanaannya.

Kegiatan studi banding ditutup dengan buka bersama yang bertempat di Rumah Makan Bintang Seribu. Pemandangan Bukit Bintang memberikan kesan tersendiri bagi rombongan. Tak sekadar buka bersama saja, agenda ini disisipi dengan momen perayaan ulang tahun beberapa pengurus yang kebetulan bersamaan.

Menurut Restu Wijayanto, selaku ketua panitia, agenda studi banding berjalan dengan baik hanya saja partisipasi yang kurang menjadi salah satu kendala dalam agenda studi banding ini.

Astri salah satu peserta studi banding pun menambahkan, “Acaranya cukup keren, sarat dengan ilmu. Sering-sering saja ngadain acara beginian”

Usai buka bersama, rombongan studi banding segera melakukan perjalanan pulang. Dengan diadakannya agenda studi banding ini diharapkan dapat meningkatkan kepekaan sosial anggota UKMP khususnya dalam ide-ide yang berkaitan dengan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat.

[Chozin]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange