SEMINAR PENDIDIKAN BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4,0

Sabtu, 28 April 2018, dilaksanakannya Seminar Nasional dalam serangkaian kegiatan UNYSEF 7. Seminar Nasional kali ini bertema tentang “Optimalisasi SDM Melalui Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Mandiri” dan dengan tiga pembicara yaitu I Made Andi Arsana, Ph.D, Dr. Ir. Agus Puji Prasetyo, M.Eng, IPU, dan yang terakhir Dissa Syakina Ahdanisa,.
Revolusi Industri 4.0 merupakan proses digitimalisasi pada seluruh komponen kehidupan. Proses ini yang membuat semakin berkurangnya peran manusia dan mulai digantikan oleh mesin yang dirancang secara otomatis. Dalam seminar nasional tentang revolusi industri 4.0 menurut Bapak Andi beliau mengatakan GLOCAL yang merupakan kepanjangan dari Global Local. Bapak Andi menjelaskan tentang arti penting dari Global Local yaitu bagaimana kita menyelamatkan global dan bagaimana kita berperan untuk lokal. Artinya peran kita untuk memenuhi kebutuhan dunia serta tindakan kita untuk meningkatkan kualitas dalam lokal.
Bagaimana peran pendidikan Indonesia agar dapat mengikuti serta mendukung laju Revolusi Industri 4.0?
Pendidikan Indonesia perlu ditingkatkan. Menurut Bapak Dr. Ir. Agus Puji Prasetyo, M.Eng, IPU, beliau menjelaskan bahwa. Pendidikan Indonesia saat ini perlu ditingkatkan Kualitas serta kuantitas pendidikan di Indonesia perlu ditingkatkan guna mampu bersaing dalam cakup global. Sama halnya menurut Ibu Dissa Syakina Ahdanisa sekaligus pendiri “Deaf Cafe Finger Talk”. Pendidikan dan sumber daya manusia perlu ditingkatkan. Upaya yang dilakukan oleh Ibu Dissa yaitu dengan pemanfaatan sumber daya manusia namun memiliki kekurangan. Orang tuli menjadi perhatian khusus oleh Ibu Dissa untuk meningkatkan kualitas SDM dengan keterbatasan ini. DC Cafe Talk menjadi usaha Ibu Dissa untuk memberdayakan orang tuli untuk dapat bekerja.
Pada akhir acara Seminar Nasional 7 UNYSEF kali ini dapat kita pahami bahwa Revolusi Industri 4.0 merupakan digitimalisasi usaha untuk mempermudah kegiatan manusia. Peran serta upaya seluruh aspek perlu ditingkatkan agar kita dapat mengikuti laju atau dapat berperan serta dalam percepatan arus Revolusi Industri 4.0.

(Asrofi/hidhid)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange