Sejarah berdirinya UKM Penelitian UNY

ukmp7

Organisasi adalah tempat berbagi dan mewujudkan mimpi”, kalimat tersebut juga berlaku bagi Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian atau yang lebih akrab disebut UKMP UNY. UKMP adalah organisasi yang mewadahi aktivitas mahasiswa yang memiliki potensi dan atau keinginan dalam mengembangkan sebuah karya ilmiah. Sebuah organisasi dibidang penalaran yang menjadi tempat bagi mahawawa UNY untuk berbagi motivasi dan visi dalam bidang karya tulis dan penelitian. Selain berbagi UKMP juga menjadi jembatan untuk mewujudkan mimpi dalam ranah karya tulis dan penelitian.

Keinginan membentuk sebuah kesatuan timbul dari hasrat para mahasiswa UNY yang memiliki prestasi dan peduli dengan pencitraan nama almamater mereka. Sadar akan keterbatasan yang mereka memiliki sebagai mahasiswa dalam hal kemampuan dan masa studi, maka para mahasiswa tersebut membuat sebuah forum diskusi. SUKMA Penelitian (Sub Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian) lahir karena kegerahan mahasiswa  UNY di bidang penalaran kala itu (1993). Bersama aktivis –aktivis yang concerns dengan dunia penelitian maka pada bulan Agustus 1993, terbentuk tim formatur yang berhasil menyusun perangkat berdirinya suatu organisasi yaitu AD/ART, Kepengurusan, dan GBHK. Secara resmi UKM Penelitian yang dulu bernama SUKMA Penelitian berdiri berdasarkan SK Rektor No 223 tahun 1993 tanggal 20 Oktober 1993.

SUKMA Penelitian kemudian berganti nama menjadi UKM Penelitian (Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian) yang dikenal hingga sekarang.

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange