Belajar dan Praktik Presentasi di Presentation Softskill Training #1 UKMP 2017

Salam kreativitas, teman-teman. Masih dalam rangkaian acara yang sama “CB PST 2017” yang dilaksanakan dari Jumat 31 Maret sampai 2 April 2017.Subbidang HRD berhasil menyelenggarakan kegiatan pelatihan presentasi untuk pertama kalinya di UKM Penelitian. Kegiatan yang dilaksanakan dalam 2 hari ini tidak hanya menambah pengetahuan dalam presentasi saja. Hari kedua, peserta juga mendapat kesempatan untuk mempraktikkan teori-teori yang telah mereka dapatkan.
Dibuka oleh Bapak Bambang Sulistyo sebagai salah satu pembina UKMP. Pada hari pertama PST (1 April 2017), peserta dibersamai oleh mbak Atika Fauziyyah dan mas Imam Fauzi. Di sesi pertama, mbak Atika berbagi pengalamannya tentang Public Speaking. Mulai dari level-level dalam berkomunikasi, apa saja yang tidak boleh dilakukan ketika berpresentasi, sampai dengan rumus percaya diri. Penataan bangku yang klasikal pun tidak menjadi penghalang mbak Atika dalam berinteraksi dengan peserta.
Sedangkan di sesi kedua, mas Imam memberikan materi tentang pembuatan slide presentasi. Berbagai cara mengoptimalkan tool di Powerpoint dan mengenal seni untuk menunjang presentasi yang menarik dan tidak monoton, berhasildisampaikan dengan asyik. Tidak hanya itu, mas Imam juga mempraktikkan langsung cara mengolah dan memasukkan sebuah gambar dalam slide powerpoint.
Dibersamai beberapa mentor, peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mempersiapkan berbagai materi yang bertemakan “Gizi Seimbang: 4 Sehat, 5 Sempurna”.
Pada hari terakhir PST kali ini, peserta dikumpulkan di aula SC lantai 3 untuk bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka. Berbagai karakter tiap peserta pun mewarnai sesi presentasi. Performa peserta yang mengikuti serangkaian acara sebelumnya, dibanding yang hanya mengikuti sesi presentasi saja pun dapat dirasakan perbedaannya.
Kehadiran keempat juri pun menambah seru sesi ini. Mbak Lesa dan mbak Astuti sering kali memberi masukkan tentang isi materi pada peserta. Sedangkan mbak Maslahah dan mas Handy lebih fokus memberi masukkan pada pembawaan diri peserta, dari istilah retorika sampai pemilihan busana mereka bahas dengan penuh tawa.
Setelah penjurian selesai, diberikanlah apresiasi untuk Best Presentation, Best PowerPoint, dan Best Speaker. Akhirnya serangkaian acara Capacity Building and Presentation Softskill Training (CB-PST) tahun 2017 telah terlaksanakan.Cuma begitu saja..? Tentu saja tidak.UKMP telah menyiapkan sesi membuat dan menikmati es buah bersama-sama. : )

Percaya diri sudah…
Teknik membuatslide presentasi sudah…
AYO BERKARYA…

[ajitof]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange