REVIKA NIZA ARTIYANA (STAFF HUMAS 2014) SABET JUARA III PEMILIHAN DUTA BAHASA YOGYAKARTA

Grand final pemilihan Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) pada hari Rabu, 30 September 2015 bertempat di Aula BBY berhasil membawa nama baik Universitas Negeri Yogyakarta pada posisi ketiga kategori putri. Mahasiswa PGSD Kampus III semester V, Revika Niza Artiyana (20 tahun) yang sudah mengikuti seleksi selama lebih dari satu bulan ternyata dapat membuahkan hasil yang cukup memuaskan.Pemilihan Duta Bahasa Yogyakarta tentunya melalui proses seleksi yang panjang dan tidak mudah. Seleksi diawali dengan seleksi berkas dan administrasi, kemudian dilanjutkan dengan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) pada tanggal 8 September 2015, barulah setelah itu ditentukan 20 nomine yang terdiri dari 10 putra dan 10 putri. Penentuan nomine ini tidak berdasarkan pada hasil tes UKBI saja, namun penempilan, administrasi, dan hasil tes masing-masing memiliki bobot nilai yang sama.

Nomine yang terpilih wajib mengikuti taklimat nomine untuk koordinasi teknik pelaksanaan tahapan seleksi selanjutnya. Pada tanggal 22 September 2015, para nomine menempuh beberapa tes, meliputi wawancara, keterampilan berbahasa (Indonesia, Jawa, asing), keterampilan budaya dan seni, presentasi makalah, dan wawasan umum. Pada saat itu, Revika Niza Artiyana mendapat kesempatan dewan juri untuk mempresentasikan makalahnya dengan Bahasa Jawa serta mendapat pertanyaan seputar bahasa dan pariwisata Jogja. Revika Niza Artiyana memilih bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pada salah satu sesi seleksi.

Penobatan Duta Bahasa Yogyakarta dilaksanakan dalam serangkaian acara final dan dipilih 5 pemenang putra dan 5 pemenang putri. Pada kesempatan ini, para nomine harus mengenakan pakaian daerah, putri mengenakan kebaya dan putra mengenakan sorjan atau beskap. Pemenang I diraih oleh mahasiswa MMTC (kategori putri) dan mahasiswa UGM (kategori putra) yang nantinya akan mewakili DIY untuk maju ke tingkat nasional dalam kompetisi serupa. UNY berhasil meraih peringkat III kategori putri atas nama Revika Niza Artiyana (FIP), peringkat IV kategori putri atas nama Nadya Syivanya Rheisha (FBS), dan peringkat V kategori putra atas nama Surya Jatmika (FMIPA). Para nomine dan pemenang nantinya akan selalu dilibatkan dalam kegiatan yang diselenggarakan Balai Bahasa Yogyakarta. Selain itu, para nomine dan pemenang tetap berkewajiban melestarikan bahasa Indonesia dan bahasa Jawa sebagai identitas Indonesia melalui komunitas masing-masing. Harapannya, ajang kompetisi pemilihan Duta Bahasa Yogyakarta dapat meningkatkan kecintaan masyarakat, khususnya pemuda dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. (Revika)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *