Pelatihan Jurnalistik Tim Jurnalistik Humas UKM Penelitian UNY

Yoyakarta, 20 Maret 2018. Menurut Arsyad, Media merupakan perantara atau pengantar pesan, dari pengirim pesan ke penerimanya. Sedangkan Association of Education and Communication Technology (AECT) mengartikan media sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan penyampaian pesan dan informasi. Media dapat berbentuk media cetak, radio, televisi, dan internet. Ke empatbentuk media ini memiliki karakteristik masing-masing. Media yang dinilai paling efektif di era sekarang ini adalah internet.

Sebuah artikel yang termuat dalam surat kabar Kompas, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ( APJII) melaporkan lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017. Ini mengindikasikan bahwa internet merupakan media terbaik untuk penyebaran suatu berita. Kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai membaca berita dari internet karena dinilai lebih praktis dan mudah untuk diakses kapan saja dan dimana saja dibanding menggunakan media lain. Alasan lain adalah karena media-media lain seperti media cetak, televisi bahkan radio dapat juga diakses melalui internet.

Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta (UKM Penelitian UNY) telah menyadari akan hal ini. UKM Penelitian menyadari betapa pentingnya media itu di zaman sekarang. Oleh karena itu, Subbidang Humas UKM Penelitian yang notabene menjadi mediator antara UKM Penelitian dengan pihak eksternal, membuat sebuah tim yang  nantinya akan fokus bergerak pada pengembangan hubungan UKM Penelitian dengan pihak eksternal terutama media. Tim ini diberi nama “Tim Jurnalistik Humas UKM Penelitian”.

Tim Jurnalistik Humas UKM Penelitian ini dibentuk pada tanggal 1 Mret 2018 yang dimulai dari pendaftaran sampai wawancara. Pada akhirnya terpilihlah 20 anggota yang menjadi anggota dari Tim Jurnalistik Humas UKM Penelitian. Keanggotaan tim jurnalistik ini terdiri dari 10 anggota non pengurus, 5 anggota humas, dan 5 anggota dari perwakilan setiap bidang dan sub bidang pengurus UKM Penelitian. Tugas utama tim jurnalistik ini adalah meliput segala kegiatan yang diadakan UKM Penelitian kemudian menyebarluaskannya ke publik.

Pelatihan Jurnalistik merupakan pelatihan dasar bagi Tim Jurnalistik Humas UKM Penelitian untuk melaksanakan setiap tugasnya kedepan. Pelatihan jurnalistik 2018 diadakan melalui kerjasama dengan salah satu media masa yaitu Kedaulatan Rakyat yang beralamat di Jl. P Mangkubumi No.40-46 Yogyakarta. Pelatihan jurnalistik ini didampingi oleh pembicara yang sudah berpengalaman dalam bidang kejurnalistikan. Beliau adalah Agung Purwandono yang bekerja sebagai Chief Editor di kantor Kedaulatan Rakyat Yogyakarta. Pelatihan jurnalistik diadakan selama 3 hari dengan 4 sesi. Perinciannya sebagai berikut:

  1. Sesi 1 dilaksanakan pada Jum’at, 9 Maret 2018 pukul 19.30 – 21.00 WIB.
  2. Sesi 2 dilaksanakan pada Jum’at, 16 Maret 2018 pukul 20.00-21.30 WIB.
  3. Sesi 3 dilaksanakan pada Minggu, 18 Maret 2018 pukul 09.00-11.00 WIB.
  4. Sesi 4 dilaksanakan pada Minggu, 18 Maret 2018 pukul 13.00-14.30 WIB.

Pada setiap sesi dibahas materi yang berbeda namun berkesinambungan dengan materi berikutnya. Dalam pelatihan jurnalistik ini peserta tidak hanya diajarkan mengenai materi namun juga mempraktekkannya secara langsung. Pada sesi pertama pelatihan jurnalistik ini diisi dengan berbagi atau sharing mengenai kesulitan yang dihadapi peserta pelatihan dalam menulis selama ini. Pada sesi pertama ini juga dilaksanakan praktek membuat tulisan sederhana dalam bentuk cerita. Pada sesi kedua dibahas materi mengenai “Membangun hubungan dengan Pers”, dalam pelatihan sesi kedua ini juga diadakan praktek langsung yang berupa Simulasi Siaran Pers. Sesi ketiga pelatihan jurnalistik diisi materi mengenai menemukan ide. Sedangkan sesi keempat pelatihan jurnalistik ini diisi materi mengenai Karya Tulis Ilmiah Populer dan juga peserta juga mempraktekkan untuk menulis suatu karya tulis ilmiah populer.

Diadakannya pelatihan jurnalistik ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta motivasi bagi anggota Tim Jurnalistik Humas UKM Penelitian untuk melaksankaan tugasnya mendatang.

 

(Nia / Hida)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange