PDP dan Segala Ceritanya…

Bertempat di Turi, Sleman Minggu 11 Februari 2018, berlangsung prosesi pelantikan pengurus baru UKM Penelitian UNY periode 2018. Proses pelantikan ini termasuk dalam program kerja dari subbidang HRD yaitu PDP (Professional Development Program) yang bekerja sama dengan DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi).

Acara PDP sebenarnya sudah dimulai sejak hari Sabtu 10 Februari 2018, yang sebagian acaranya dilangsungkan di Aula Student Center lantai 2 sayap timur. Acara pada hari Sabtu, diisi dengan talkshow yang berkaitan dengan hal-hal yang menjadi kebutuhan pengurus UKM Penelitian. Materi talkshow pertama disampaikan oleh Erbi Bunyanuddin, selaku ketua UKM Penelitian tahun 2014. Materi yang ia sampaikan tentang keorganisasian. Ia menjelaskan tentang program-program kerja UKM Penelitian. Ia juga berbagi pengalamannya saat dulu berorganisasi, tak lupa pula ia memberikan saran-saran untuk kepengurusan satu tahun ke depan. Selain itu, di akhir talkshownya, ia mengisi diskusi bersama dengan pengurus baru UKM Penelitian. Talkshow yang kedua diisi oleh Handy Riantana, selaku ketua UKM Penelitian tahun 2017. Ia menyampaikan materi tentang manajemen konflik dan manajemen SDM yang lebih memfokuskan ke manajemen stres dan pelatihan membuat laporan keuangan serta pelatihan menghitung pajak. Di akhir talkshownya, tiap-tiap kelompok PDP diberi studi kasus, untuk kemudian dihitung pajaknya, serta dibuat laporan keuangannya. Talkshow yang terakhir disampaikan oleh Briliant Prasetyo, selaku alumni UKM Penelitian. Talkshow ini berlangsung di Turi, Sleman. Materi yang disampaikan berupa motivasi berkarya dan berprestasi. Secara gamblang, Mas Brili menyampaikan prestasi-prestasi apa saja yang telah berhasil diraih oleh UKM Penelitian. Ia juga menyampaikan kiat-kiat membuat karya serta menunjukkan bukti-bukti konkret prestasi UKM Penelitian. Malam harinya, peserta PDP melangsungkan diskusi bersama mengenai program kerja tahun lalu yang dinilai kurang berhasil. Peserta diminta menemukan alasan mengapa program kerja itu dinilai kurang berhasil dan memberikan saran terbaik untuk kepengurusan selanjutnya.

Dini hari sekitar pukul 02.00-04.00 peserta PDP dibangunkan untuk prosesi pelantikan. Selama prosesi itu, peserta PDP menemui alumni UKM Penelitian kemudian diberikan motivasi mengenai keorganisasisan, prestasi, dan komitmen. Puncak pelantikan yaitu serah terima jabatan yang diberikan kepada Muhamad Nur Chozin selaku ketua UKM Penelitian yang baru.

Hari berikutnya, peserta PDP mengikuti outbond yang telah dirancang oleh DPO dan alumni. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian melewati berbagai pos. Setiap pos diisi dengan permainan yang menarik dan seru. Tiap pos nya memiliki pembelajaran yang berbeda-beda. Salah satu posnya, mengarungi arus dengan ban. Selain seru dan menarik, hal itu memicu adrenalin peserta PDP. Setelah bersenang-senang dengan outbond, kegiatan berakhir dengan tukar kado dan pemberian doorprise bagi pemenang outbond.

[ Ifat/Awan ]

 

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *