Menilik Ide Brilian Mahasiswa Indonesia dalam Pameran Poster PIMNAS 31

PIMNAS adalah ajang untuk menuangkan kreativitas para mahasiswa di seluruh tanah air. Bagaimana tidak, mahasiswa dari berbagai latar belakang keilmuan akan membuat inovasi-inovasi tentang ilmu yang ditekuninya. Inovasi dari para mahasiswa luar biasa tersebut dapat dilihat secara langsung dalam pameran poster PKM. Pameran tersebut digelar di Lapangan Tennis Indoor UNY atau tepatnya berada di selatan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY. Pameran poster dibuka pukul 15.00 WIB pada hari kedua PIMNAS, Kamis (30/08).

Poster yang dipamerkan mencakup PKM 5 Bidang ditambah dengan PKM-GT. Saat pengunjung memasuki Lapangan Tennis Indoor UNY, pengunjung akan disuguhi poster PKM-GT pada barisan terdepan tepat depan pintu masuk barat. Ide yang dituangkan dalam PKM-GT ini memiliki kebermanfaatan jangka panjang. Dimana ide-ide tersebut dapat diaplikasikan dalam beberapa tahun kedepan. Artinya, PKM-GT yang disajikan dalam poster tersebut berfungsi untuk menjawab masalah-masalah yang muncul pada jangka waktu kedepan. Kemudian, pada barisan berikutnya terpampang tengan jelas poster PKM-T.  PKM-T ini mempunyai mitra kerjasama. Dimana para peserta PIMNAS mencari mitra yang tepat lalu diberikan solusi atas permasalahan yang ada pada mitra tersebut. Barisan selanjutnya yaitu PKM-PSH. PKM-PSH mengusung banyak sekali tema, mulai dari kebudayaan hingga permasalahan sosial ekonomi yang ada di masyarakat. Selanjutnya, pengunjung akan dikejutkan dengan inovasi-inovasi dari PKM-M dan PKM-KC, serta PKM-PE yang tidak kalah luar biasa kebermanfaatannya.

Dari situlah pengunjung dapat menarik kesimpulan bahwasannya anak-anak bangsa ini adalah generasi unggul yang peka terhadap permasalahan sekitar dan berusaha untuk memberikan solusi terbaik atas permasalahan yang muncul. Program Kreativitas Mahasiswa atau yang kerap disebut PKM inilah yang nantinya akan memberikan sumbangan besar terhadap kemajuan bangsa Indonesia ditengah kompleksnya permasalahan yang kian bertambah.

Dengan adanya pameran poster PKM yang dibuka secara umum ini dapat memberikan manfaat kepada setiap orang yang ingin melihat poster-poster karya mahasiswa unggulan bangsa. Orang asing (diluar peserta maupun panitia PIMNAS) tetap memperoleh akses untuk masuk tempat pameran poster. Kesempatan emas ini tentunya memberikan keuntungan bagi mahasiswa UNY dan sekitarnya yang memiliki keingin tahuan besar terkait karya-karya PKM pada PIMNAS 31 ini. Kedepannya, semoga karya-karya anak bangsa ini semakin baik dari tahun sebelumnya dan dapat memberikan manfaat besar baik kepada pemerintah maupun masyarakat. Selamat berjuang peserta PIMNAS 31 dan selamat menyusun ide para pejuang PIMNAS 32. Tetap berkreativitas tanpa batas untuk Indonesia jaya.

[Kristina]

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange