Membuka Jendela Pemikiran Melaui SPSS

 

Hallo guys, tahukah kamu apa sih sebenarnya spss itu?

Mengapa sih diperlukan dalam peroses penyelesain study akhir di tingkat perguruan tinggi?

Dan apa sih kegunaan dalam mempelajari spss ?

Okkay kita akan mulai mengupas pertanyaan tersebut.

                Mungkin kita sebagai orang awam masih bingung dan bertanya-tanya mengenai SPSS, bahkan tidak jarang kebanyakan mahasiswa belum mengenal SPSS, dan mulai mendengarnya saja baru ditingkat perguruan tinggi. Lantas bagaimana kita bisa memahami SPSS? Seperti kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak memahami SPSS”, upss itu kode lho guys SPSS aja minta dipahami apalagi kamu hehehe, gitu aja baper, kita lanjuti ya guys.

                Jadi guys sebenarnya SPSS itu pertama kali dirilis pada tahun 1968 lho yang diciptakan oleh Norman Nie. Beliau merupakan lulusan Fakultas Ilmu Politik dari Standford University. Nah pada awalnya SPSS digunakan untuk  keperluan pengolahan data statistik untuk ilmu-ilmu social, sehingga kepanjangan SPSS itu sendiri adalah Statistical Package for the Social Sciens atau Paket Statistik untuk Ilmu Sosial.

                Namun seiring perkembangan zaman kemampuan SPSS diperluas untuk melayani jenis pengguna seperti untuk produksi pabrik, riset ilmu sains, dan sekarang banyak digunakan oleh peneliti pasar, peneliti kesehatan, perusahaan survei, pemerintah, peneliti pendidikan, organisasi pemasaran, dan sebagainya, tanpa terkecuali untuk meneliti hasil penelitian kamu juga bisa lho.

                Fungsi dari SPSS ini sendiri tidak lain adalah  untuk membantu dalam memproses data-data statistik secara tepat dan cepat, serta menghasilkan berbagai output yang dikehendaki oleh para pengambil keputusan. Apabila kita pahami SPSS akan membantu mengolah data yang kita kehendaki hingga kita dapat menarik kesimpulan dari data yang kita miiki, sehingga dapat memutuskan suatu permasalahan tertentu yang kita teliti. Dimana SPSS bekerja secara Statistik, dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan data, meringkas atau menyajikan data kemudian menganalisis data dengan menggunakan metode tertentu, dan menginterpretasikan hasil dari analisis tersebut.

                Karena kemampuan SPSS yang dapat mengolah data hingga menarik kesimpulan dari data yang telah diolah maka dari itu SPSS dijadikan salah satu alternatif untuk melakukan riset dari para penggunanya, seperti Penelitian Dosen terhadap Mahasiswanya, penelitian skripsi, untuk meneliti PKM 5 Bidang yang kamu lakukan juga bisa banget dengan menggunakan SPSS ini guys. Jadi kamu masih yakin tidak mau memahami SPSS?

                Mulai dari sekarang kamu harus memahaminya ya guys. Seperti yang diungkapkan oleh Drs. Supriyanto, MM. yang merupakan pemateri dari Pelatihan SPPS # 1 yang diadakan oleh Bidang 3 UKM Penelitian UNY, yang mana Beliau juga merupakan salah satu Dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, yang mengatakan bahwa “ Semua yang diamati secara statistik merupakan fakta, yang disebut data, yang akan meghasilkan suatu informasi sehingga informasi akan menjadi nilai jual yang tinggi karena informasi yang dimiliki akan menjadi penentu dalam pengambilan keputusan dari permasalahan tertentu. Sebagai contoh : Terjadi kecelakan pengendara sepeda motor di Ringroad utara Yogyakarta setiap akhir bulan, dan diwaktu yang sama sering terjadi pula kecelakan pengendara sepeda motor di daerah Ringroad selatan Yogyakarta yang mana pada umumnya korban kecelakan tersebut adalah mahasiswa, dan setelah dilakukan penelitian ternyata tingkat kecelakaan sepeda motor yang terjadi di Ringroad Selatan lebih tinggi bila dibandingkan Ringroad Utara, sehingga data tersebut dapat menjadi sebuah informasi baru yang berguna untuk masyarakat, bahkan pemerintah, oleh karena itu  informasi tersebut menjadi nilai jual yang tinggi karena dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan  keputusan, yang mana berdasarkaan informasi tersebut polisi menghimbau agar masyarakat terkhusus mahasiswa agar berhati-hati ketika melewati daerah Ringroad Selatan Yogyakarta.” Ujar beliau.

                Tidak hanya itu SPSS juga memiliki peran sebagai peramal lho keren ya. Karena kemampuannya yang dapat mengolah data sehingga hasil olah data yang dicapai juga dapat dipertanggungjawabkan dan terpercaya. SPSS juga digunakan dalam hal mengasumsikan  suatu hal tertentu, mengasumsikan metode pembelajaran yang lebih efektif, memangasumsikan kualitas suatu produk, sampai mengasumsikan perkembangan suatu virus penyakit juga bisa menggunakan SPSS lho.

                Oleh sebab itu SPSS juga digunakan dalam pembuatan skripsi, karena dapat membantu dalam mengolah data yang telah diteliti oleh mahasiswa sehingga SPSS sangat penting guys untuk mempermudah kita dalam mengambil keputusan dari hasil penelitian skripsi kita, termasuk untuk meneliti riset yang telah kita lakukan juga sangat dianjurkan guys. Itulah mengapa pentingnya SPSS untuk penyelesain study akhir ditingkat perguruan tinggi.

                Nah maka dari itu yuk pelajari, pahami, kenali, dan resapi SPSS, karena SPSS akan kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari . Mulai dari sekarang banget ya guys, ala bisa karena biasa. Waktu tidak akan menunggu kamu bisa tetapi kamu yang menunggu agar kamu bisa dengan selalu mempelajarinya. Sesuatu yang sulit untuk dilakukan bukan karena kamu yang tak bisa tetapi karena kamu belum melakukannya. Bergerak satu langkah lebih maju akan meninggalkan satu langkah dari sainganmu tetapi tertinggal satu langkah akan meninggalkanmu beberapa langkah dari sainganmu. Teruskan perjuanganmu sampai kamu tiba dipelabuhan yang kamu inginkan. Pupuklah semangatmu sampai kamu lupa bagaimana caranya terjatuh. Lakukan sesuatu yang kamu sukai, dan benar-benar kamu kuasai, hingga kamu dibayar atas itu, sampai akhirnya dunia membutuhkanmu karena hal tersebut.

(Aya/Hidhid)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange