• Maret 29 2021

KUNJUNGAN UKM PENELITIAN UNY DAN UKM PENALARAN UNAND

ukmpberkunjung

UKM Penelitian UNY mengadakan kunjungan ke UKM Penalaran Universitas Andalas pada tanggal 22 Maret 2021. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna berbagi pengalaman dan ilmu sebagai UKM yang sama-sama berjalan dibidang penalaran. Pelaksanaanya dilakukan secara daring melalui Video Conference Zoom dan dihadiri oleh para pengurus UKMP dari kedua Universitas.

Acara ini hadir dengan tema “UKMP Berkunjung” yang dimoderatori oleh Yeni Lestari selaku perwakilan dari UKM Penelitian. Acara yang pertama sambutan oleh perwakilan Universitas Andalas, yaitu Fhitratul Illahi. Fhitratul berharap dapat menjalin hubungan yang baik dengan UKM Penelitian UNY. Selanjutnya sambutan ketua UKM Penelitian UNY, Ibnu Prasetyo turut menyampaikan sambutannya terkait ungkapan terima kasih karena suda diberi kesempatan untuk berkunjung ke UKM Penalaran UNAND.

Memasuki acara inti, kedua UKM memperkenalkan divisi-divisi maupun bagian-bagian kaderisasi masing-masing, sekaligus memperkenalkan para pengurus beserta program kerja dari masing-masing. Setelahnnya, masuk sesi tanya-jawab, masing-masing UKM membagi pengalamannya sesuai dengan pertanyaan yang diberikan pihak yang lain.

Melalui sesi tanya jawab, UNAND menyampaikan alur oprec untuk UKM mereka, dimana mereka membuat kepanitian untuk oprec, lalu membuka pendaftaran dan menyebarkan informasi melalui platform online. Selanjutnya akan menyeleksi administrasi dan peserta yang lolos akan di wawancara secara online melalui media WhatsApp. Lalu terakhir ada tahap pembukaan bagi peserta yang diterima dan akan menjadi anggota muda.

UKM Penalaran UNAND, diwakilkan dengan Saudara Amin juga mengungkapkan menganai mekanisme penyambutan wisuda. “Karena online, maka teknis yang digunakan yaitu mengadakan penyambutan hanya melalui media Instagram dan chat pribadi,” ungkapnya.

Semangat dan motivasi juga merupakan salah satu hal yang dibagikan oleh UKM Penalaran UNAND ini. “Untuk menciptakan semangat, bisa diciptakan melalui proker-proker yang terintegrasi. Kami melakukan pelatihan-pelatiha, seperti latihan esai, bedah jurnal, maupun LKTI. Dimana masing-masing pertemuan memiliki tingkat materi, mulai dari motivasi hingga praktik. Kami juga mempunyai proker yang bernama Lombazone, jadi kami mengadakan kalender lomba yang berisi lomba-lomba yang diadakan secara nasional. Di Lombazone kami juga mendata anggota yang sedang atau sudah mengikuti lomba, serta mencatat hasilnya. Dengan itu diharapkan dapat mendorong pengurus untuk banyak mengikuti lomba karena merasa memiliki wadah,” itulah yang disampaikan oleh Warisatil Ilmi, selaku perwakilan dari UKM Penalaran UNAND.

Selain itu, UKM Penalaran UNAND juga membagikan mekanisme pelatihan desain grafis dan fotografis. Dimana untuk desain grafis, mereka menghadirkan pembicara dan juga mengadakan praktiknya.  Lalu pada pelatihan fotografis, mereka juga menghadirkan pembicara, akan tetapi tidak melakukan praktik sebagaimana pada pelatihan desain grafis

Sedangkan untuk UKM Penelitian UNY, menjelaskan keadaan kaderisasi di saat online ini. “Untuk komunikasi dan silahturahmi sudah baik dibanding saat awal pandemi karena sudah lebih saling mengenal dan akrab, Alhamdulillah komunikasi mulai lebih sering, baik melalui Gmeet atau Zoom,” ungkap Ibnu Prasetyo, selaku ketua UKM Penelitian UNY. “Untuk kaderisasi, waktu awal kita juga mengalami kesulitan, tetapi kami tetap positif, sehingga dengan membaca CV dan sikap mereka, itu menjadi poin penting saat kaderisasi dan alhamdulillah proker-proker terlaksana dengan baik,” lanjutnya

UKM Penelitian UNY juga menyatakan bahwa komunikasi di pengurusan itu yang paling utama adalah saat pemilihan pengurus inti, kita harus mengatahui orang yang kita wawancara seperti apa. Strategi khusus dari UKM Penelitian UNY yaitu harus menguatkan pengurus inti terlebih dahulu, karena jika hubungan antar pengurus inti kokoh, yang lain juga akan mengikuti.

“Cara agar komunikasi bisa menjadi lebih baik, kita harus bisa sok asik, karena jika tidak ada yang memulai, yang lain akan tetap malu-malu. Meskipun kadang diabaikan, tapi kita juga tahu bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil,” ungkap Olga Satria Tri Utama menambahkan. Setelah semua pertanyaan dijawab, pengurus dari kedua UKM ini melakukan sesi foto bersama untuk mengenang acara tersebut. “Terima kasih atas kesediaannya untuk UKM Penalaran Unand dikunjungi oleh UKM Penelitian UNY. Semoga di lain kesempatan kita bisa bertemu kembali,” tutup Yeni sekaligus mengakhiri pertemuan kunjungan yang dilakukan oleh UKM Penelitian UNY dan UKM Penalaran UNAND.

Berita Lainnya

Testing blog

artikel ini merupakan artikl untuk ujicoba dari fitur post untuk…

Read More
Press Realese Studi banding LEPPIM UPI Ke UKM Penelitian UNY

Minggu (14/11) keluarga besar UKM Penelitian UNY menyambut hangat studi…

Read More
Secured By miniOrange