KONCO KENTEL

Hai teman-teman, bagaimana nih kabarnya, semoga diberikan kesehatan baik kesehatan rohani dan kesehatan jasmani, amin. Salam kreativitas semuanya. Langsung saja pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “Pentingnya Konco Kentel”.

“Apa sih itu konco kentel?”

“Sama kaya susu kentel manis itu kah?”

Mungkin pertanyaan seperti itu akan sering kita didengar ketika memiliki teman dari luar pulau Jawa atau didaerah asal mereka bahasa Jawa bukan yang paling dominan. Konco kentel itu sendiri merupakan suatu hubungan pertemanan diantara kamu dengan teman mu. Dimana hubungan itu memiliki rasa yang sama atau memiliki suka duka yang sama, sehingga temanmu atau kamu sendiri bisa saling memahami satu sama lain.

“Baper ih!!!”

“Sans…”

Tergantung cara kalian menyikapi hubungan pertemanan tersebut, kalau kalian niatnya bukan buat asmara tapi buat menimba ilmu atau mencari pengelaman ya itu okok aja. Selain itu juga jika kamu memiliki konco kentel kamu juga dapat memperluas informasi serta menjalin silahturahmi antar sesama.

“Modus kalem tu”

“Serah lu dah”

Bahkan ketika kamu sedang kesulitan menemukan ide buat lomba kamu dapat berkolaborasi dengan konco kentel mu sendiri. Dengan bidang ilmu yang kalian kuasai masing-masing maka akan merasa multikulturasi benar adanya dalam membuat karya. Bahkan jika kamu lolos untuk mempresentasikan karya pada lomba, kamu dapat memperoleh dana lebih banyak, tentunya dibagi dengan temanmu. Semua terasa ringan jika kamu kerjakan dengan bersama.

Hem bener juga ya…”

 “Terus gimana caranya, biar kita memiliki konco kentel?”

“Ya iya…”

“Gampang.”

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa konco kentel itu sendiri merupakan suatu hubungan diantara kamu dengan teman mu. Biasanya hubungan pertemanan seperti ini mengalir mengikuti arus yang ada dalam hidupmu. Jika kamu salah satu orang yang humoris maka kamu akan mudah mendapatkan konco kentelmu sendiri. Selain itu juga, terkadang terlalu seringnya kamu bekerjasama sehingga memiliki pemikiran yang sama. Sama seperti para sesepuh UKMP sendiri banyak dari mereka mendapatkan konco kentel mereka sendiri dengan bekerja sama membuat ide untuk diikutkan di event regional, nasional, maupun internasional. Tentunya kalian tidak asing lagi dengan mereka yang selalu menorehkan prestasinya ketika pada masanya. Sampai kita sering merasa kenapa mereka terus ya?…”

“Eh, kayaknya aku kenal siapa mereka”

“Udah jangan dibahas, biar pembaca penasaran hehe”

“Mas-mas yang kemarin menang lomba di Ajang TRANSFEST kan, sama mas-mas dari P IPS yang sekarang lagi berjuang sekripsi”

“Malah perjelas, hem…”

“Ya maaf, atuh :)”

Manusia sejatinya adalah makhluk sosial, dimana kita saling membutuhkan satu sama lain untuk menyelesaikan berbagai tantangan hidup.

 

(Asrofi / Hidhid)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange