Beberapa Detik Menuju UNYSEF #7

Universitas Negeri Yogyakarta Scientific Fair (UNYSEF) merupakan event tahunan yang diadakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) Universitas Negeri Yogyakarta. Event tahunan ini terdiri dari dua agenda besar, yaitu lomba karya tulis tingkat nasional yang didasarkan pada sebuah studi kasus dan seminar nasional pendidikan. Lomba karya tulis tingkat nasional ini diikuti oleh mahasiswa hampir dari seluruh Indonesia, baik universitas negeri maupun universitas swasta.

            Pada tahun 2018 ini, UNYSEF sudah memasuki tahun ke tujuh pelaksanaannya. Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional UNYSEF pada tahun ini mengangkat studi kasus dari Pantai Trisik, Banaran, Galur Kabupaten Kulonprogo. Karya tulis yang mengikuti event ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Pantai Trisik. Kemudian di hari terakhir dari event ini akan diadakan seminar nasional pendidikan dengan tema ” Optimalisasi SDM Melalui Pendidikan untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Menuju Indonesia Mandiri ” yang akan diikuti oleh finalis LKTIN yang lolos, mahasiswa, dan juga masyarakat umum. Seminar nasional pendidikan ini akan dilaksanakan pada 28 April 2018.

            Event sebesar ini tentunya telah dipersiapkan oleh panitia-panitia yang terpilih. Kepanitiaan UNYSEF ini telah dibentuk sejak 8 Januari 2018. Dari sanalah segala ide maupun konsep acara dan segala keperluannya mulai didiskusikan dan dipersiapkan. Kepanitiaan UNYSEF 2018 ini diketuai oleh Denda Wiguna. Kepanitiaan yang ada meliputi Pengurus Inti seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, dan bendahara dn beberapa sie yang membantu mempersiapkan jalannya acara ini.

            Persiapan yang berjalan sejauh ini Tentu saja bukan tanpa kendala, selama kurang lebih empat bulan segala persiapan ini berjalan dengan beberapa kendala yang dihadapi. Namun dengan kerjasama seluruh panitia, kendala-kendala tersebut akhirnya dapat teratasi. Persiapan yang dilakukan sampai sejauh ini sudah hampir 100%. Segala kebutuhan telah dipersiapkan sebaik mungkin bagi kenyamanan seluruh peserta UNYSEF. Persiapan yang telah rampung sampai saat ini meliputi penginapan bagi finalis LKTI maupun juri, konsumsi selama event ini berjalan, akomodasi yang diperlukan, persiapan diri dan kesehatan setiap panitia itu sendiri, dan tentunya segala ruang yang nantinya akan digunakan maupun segala peralatan yang dibutuhkan.

            Persiapan ini akan terus ditingkatkan agar lebih matang mengingat acara puncak UNYSEF ini akan segera diselenggarakan hanya dalan hitungan beberapa hari lagi. “Berkarya Untuk Bangsa” menjadi slogan penyemangat panitia dalam mempersiapkan segala hal yang diperlukan. Persiapan yang dilakukan panitia sejauh ini sudah maksimal sesuai kemampuan sleuruh panitia. Saling membantu selalu ditekankan untuk memacu semangat seluruh panitia.

(Nia / Hidhid)

ukmpenelitian uny

UKM Penelitian UNY merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa UNY yang bergerak dalam bidang penalaran.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Secured By miniOrange